Gigi berlubang bisa timbulkan banyak penyakit

id Gigi berkubang,The Clinic Beautilosophy , asupan gizi, dokter gigi,TK Jabal Rahman Mulia,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palemb

Gigi berlubang bisa timbulkan banyak penyakit

Para dokter gigi di The Clinic Beautilosophy, Medan melakukan pemeriksaan gigi dan mengedukasi cara menggosok gigi yang baik dan benar kepada siswa TK Jabal Rahman Mulia di Medan, Kamis. (ANTARA/Evalisa Siregar)

Medan (ANTARA) - Penyakit gigi berlubang perlu diwaspadai sejak usia dini karena bisa menimbulkan banyak penyakit lainnya seperti sinutitis dan gangguan asupan gizi.

"Gigi berlubang dapat menyebabkan sinusitis, asupan gizi terganggu bahkan penderita yang sedang mengandung bisa mengganggu kesehatan janinnya," ujar
drg Aflah Triana di Medan, Kamis.

Dia mengatakan itu saat bersama beberapa dokter lainnya menggelar pemeriksaan gigi dan edukasi cara menggosok gigi kepada anak TK Jabal Rahmah Mulia di The Clinic Beautylosophy Medan.

Gigi berlubang menimbulkan bakteri pada mulut penderita sehingga membuat timbulnya penyakit lainnya. Untuk itu pemeriksaan dan perawatan gigi sudah harus dimulai sejak usia dini.

Pemeriksaan kesehatan gigi sudah bisa diberikan kepada anak usia 3 tahun agar pelubangan gigi bisa dihindari sejak awal. Pemeriksaan gigi sebaiknya rutin dilakukan atau setiap enam bulan.

Dokter lainnya, drg Suwita. menyebutkan hingga dewasa ini, kesadaran masyarakat untuk merawat kesehatan gigi dengan memeriksa ke dokter gigi masih sangat rendah. Akibatnya, kesadaran yang rendah itu juga menular ke generasi muda.

"Untuk peningkatan kesadaran itu, maka digelar kegiatan pemeriksaan gigi untuk anak-anak TK, " ujarnya.

Kegiatan yang baru pertama kali.dilakukan diharapkan menjadi agenda rutin

Kepala Sekolah TK Jabal Rahman Mulia, Astarie Anastasia , mengatakan manajemen sekolah mengapresiasi kegiatan pemeriksaan gigi itu.

"Kerja sama dengan The Clinic Beautilosophy diharapkan bisa meningkatkan kesehatan gigi anak didik termasuk bisa memotivasi guru dan orang tua siswa untuk lebih peduli dengan pemeriksaan kesehatan gigi," katanya.

Kegiatan itu juga diharapkan menjadi.dorongan bagi siswa untuk menjadikan profesi dokter gigi sebagai salah satu cita - cita murid.

Dia berharap kerja sama dengan The Clinic Beautilosophy terus berlanjut termasuk dengan pemeriksaan kesehatan lainnya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar