Cara Darius ajari anak jaga kebersihan toilet

id Darius sinathrya

Cara Darius ajari anak jaga kebersihan toilet

Aktor Darius Sinathrya ditemui saat jumpa pers "Aksi Toilet Bersih: Langkah Awal Harpic Atasi Masalah Sanitasi" di Jakarta, Jumat. (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) - Menerapkan kedisiplinan kepada anak demi menjaga kebersihan toilet bukanlah hal yang mudah, kata aktor Darius Sinathrya yang mengaku butuh waktu lama untuk menerapkan hal itu kepada ketiga anaknya.

Darius mengatakan hal pertama yang dilakukan oleh dia dan sang istri, Donna Agnesia adalah dengan menciptakan kesadaran bahwa sanitasi yang bersih akan mempengaruhi kesehatan keluarga.

"Mengajarkan segala sesuatu pada anak-anak butuh waktu dan kesabaran. Ngajarin anak antre saja butuh waktu hingga tujuh tahun kan, pasti butuh waktu panjang," ujar Darius dalam jumpa pers "Aksi Toilet Bersih: Langkah Awal Harpic Atasi Masalah Sanitasi" di Jakarta, Jumat.



"Biasanya aku ngajarin kesadaran dulu, selama itu ciptakan kesadaran dulu khususnya yang cowok-cowok ya. Di Indonesia juga gitu kan yang cowok-cowok kan pipis berdiri tapi suka males ngangkat yang duduknya jadi kan kotor cipratannya," lanjutnya.

Darius dan Donna selalu mengajarkan untuk selalu mencuci tangan setelah dari toilet, baik di rumah maupun tempat umum. Selain itu, dia juga menganjurkan kepada anaknya yang perempuan untuk selalu membersihkan dudukan toilet sebelum dan sesudah menggunakan.

"Setelah mengajarkan hal itu baru soal jaga kebersihannya. Itu harus dilakukan memang dengan proses yang panjang hingga akhirnya menempel dan jadi kebiasaan mereka," jelas pemain film "Night Bus" itu.

"Hal-hal seperti itu masalah sepele tapi urusannya bisa besar untuk kesehatan. Ngasih tahunya juga harus sabar kalau keras mereka enggak akan bisa terima," lanjutnya.