"Iqro My Universe" tarik perhatian di Sofia Menar Film Festival 2020

id Sofia

"Iqro My Universe" tarik perhatian di Sofia Menar Film Festival 2020

Film “Iqro My Universe” garapan sutradara Iqbal Alfajri mendapat sambutan hangat publik Bulgaria ketika diputar pada Indonesian Movie Night di Sofia Cinema House, Kamis malam (16/1/2020). (ANTARA/KBRI Sofiai)

London (ANTARA) - Film “Iqro My Universe” Garapan sutradara Iqbal Alfajri mendapat sambutan hangat publik Bulgaria ketika diputar pada Indonesian Movie Night di Sofia Cinema House, Kamis malam (16/1).

Sekitar 140 penonton memadati Sofia Cinema House untuk menonton “Iqro My Universe”, sebagian besar di antaranya warga Bulgaria.

Turut hadir duta besar negara-negara sahabat, diplomat, akademisi, jurnalis, penggiat seni dan budaya, mahasiswa kelas Bahasa Indonesia di Universitas Sofia, dan warga Indonesia yang tinggal di Bulgaria.
 

Pensosbud KBRI Sofia, Aisha Fauzia, kepada Antara London, Jumat, mengatakan film "Iqro My Universe" berhasil menginspirasi penonton, bahkan beberapa dari mereka secara khusus menyatakan apresiasinya atas film tersebut kepada KBRI Sofia.

Indonesian Movie Night diselenggarakan KBRI Sofia sebagai partisipasi Indonesia pada Sofia Menar Film Festival ke-12, yang berlangsung di Sofia, Bulgaria, dari tanggal 14 hingga 30 Januari mendatang.

Festival tersebut merupakan yang terbesar di kawasan Balkan, dan menampilkan film-film bernafaskan Islam. Film produksi Salman Film Academy ini bercerita tentang Aqilla, remaja muslimah Indonesia yang bercita-cita menjadi astronot.

Di sekolahnya, Aqilla bersaing dengan June pada lomba vlog mengenai orang-orang Indonesia yang berperan di bidang astronomi, untuk merebut hadiah berupa kunjungan ke Pusat Pelatihan Astronot di London.

Melalui film tersebut, KBRI Sofia bermaksud untuk menampilkan wajah muslim moderat Indonesia yang modern dan berpendidikan.



Keberadaan tokoh-tokoh utama perempuan dengan peran yang kuat juga diharapkan dapat mencerminkan kesetaraan gender di Indonesia yang membuka jalan seluas-luasnya bagi siapa pun untuk mengenyam pendidikan tinggi dan berkontribusi kepada dunia.

Sebelum pemutaran film, KBRI Sofia mengadakan cocktail reception dan menyajikan berbagai kuliner Indonesia.

Para pengunjung juga dapat menikmati penampilan Tari Indang yang ditarikan oleh kelompok tari binaan KBRI, Pesona Mawar Nusantara (PMN).

Selama Menar Film Festival, Indonesia juga menyelenggarakan pameran foto pariwisata Indonesia, yang menampilkan foto-foto keindahan alam Bali, Labuan Bajo, dan Jakarta, yang dibuat fotografer profesional Bulgaria, Dimitar Karanikolov.

Kuasa Usaha Ad-Interim KBRI Sofia, Bonnie Sastranegara, yang mewakili Dubes RI Sofia membuka acara, menyampaikan kebahagiaan melihat antusiasme pengunjung.

Pemutaran film ini berjalan sukses berkat dukungan dari Tyas Abiyoga, produser film “Iqro My Universe” dan tim.

Film merupakan salah satu sarana efektif dalam mempromosikan Indonesia. Melalui acara Indonesian Movie Night, diharapkan penonton mendapat gambaran tentang kehidupan masyarakat muslim Indonesia, sekaligus tertarik untuk berwisata ke Indonesia.