Polres Ogan Komering Ulu luncurkan mobil pelayanan SKCK keliling

id Polres sediakan mobil SKCK keliling

Polres Ogan Komering Ulu luncurkan  mobil pelayanan SKCK keliling

Warga melakukan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di mobil SKCK online keliling. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Baturaja (ANTARA) - Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan meluncurkan satu mobil pelayanan SKCK keliling guna mempermudah masyarakat di wilayah setempat dalam mengurus atau membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

"Pengadaan satu unit mobil ini memberikan pelayanan SKCK keliling secara berkeliling untuk masyarakat dalam mengurus dokumen SKCK," kata Kapolres Ogan Komering Ulu AKBP Tito Travolta Hutauruk di Baturaja, Jumat.

Dia mengemukakan mobil yang diberi nama SOREO atau SKCK on The Road itu hadiah dari Polda Sumsel untuk polres setempat, dalam upaya mencapai Zona Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian PAN-RB.

"Ada tiga polres di Sumsel yang dapat, yakni Polresta Palembang, Polres OKU (Ogan Komering Ulu) dan Polres Prabumulih atas pencapaian zona WBK," katanya.

Dengan adanya mobil SKCK keliling, diharapkan masyarakat dapat langsung membuat SKCK tanpa harus datang ke Polres Ogan Komering Ulu.

"Dengan adanya mobil ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat karena lebih mudah dalam pembuatan SKCK," kata dia.

Untuk lokasi dan waktu operasional mobil keliling akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media sosial Polres Ogan Komering Ulu dan media sosial SKCK Polres Ogan Komering Ulu.

"Silakan dipantau sosmed Polres OKU untuk mengetahui lokasinya," ungkapnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengurus SKCK di mobil SKCK keliling, lanjut dia, cukup membawa sejumlah persyaratan, seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, dan foto berwarna 4×6 lembar, serta kartu sidik jari.

"Di mobil SOREO ini juga disediakan perekaman sidik jari yang di-'backup' oleh Tim Inafis Satreskrim Polres OKU. Untuk biaya pembuatan SKCK sama dengan biaya membuat SKCK di polres yaitu hanya Rp30.000," ujarnya.
 

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar