Karginov bertahan puncaki klasemen setelah juarai etape VII

id Dakar 2020,Reli Dakar,andrey Karginov,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Karginov bertahan puncaki  klasemen setelah juarai etape VII

Pebalap Rusia Dmitry Sotnikov menjalani etape VII yang menempuh rute Riyadh menuju Wadi Al Dawasir sejauh 741 km dengan Spesial Stage 546 km, Minggu (12/1/2020). (ANTARA/HO/DPPI Media/dakar.com)

Jakarta (ANTARA) - Andrey Karginov masih memuncaki klasemen sementara Reli Dakar 2020 setelah menjadi yang tercepat pada etape VII kategori truk yang menempuh rute sejauh 741 km dari Riyadh menuju Wadi Al Dawasir, Arab Saudi, Minggu.

Juara Dakar 2014 itu terlibat duel sengit dengan Dmitry Sotnikov namun mampu mencatatkan waktu tercepat dengan hanya terpaut tiga detik dari rekannya di tim Kamaz itu, dan dua menit lima detik dari pebalap tim Kamaz lainnya Anton Shibalov, demikian catatan resmi Dakar.

Karginov yang start pertama itu memimpin etape VII tanpa menemui hambatan yang berarti. Sedangkan Sotnikov terus menempel ketat 46 detik di belakang saat memasuki Special Stage km 321.

Hingga km 431, Karginov tak mampu lebih jauh memperlebar jaraknya dari Satginov dan hanya mampu unggul 49 detik di depan.

Satginov dan Shibalov membuntuti tidak terlalu jauh di belakang Karginov yang masih memimpin setelah 546 km dari Special Stage. Kendati begitu, Karginov terus memimpin balapan hingga finis meski catatan waktunya hanya berjarak tiga detik dari rekan satu timnya.

Hasil tersebut membawa Karginov bertahan di pucuk klasemen sejak empat etape terakhir sementara dengan unggul 21 menit 12 detik dari Anton Shibalov, 46 menit 39 detik dari Siarhei Viazovich.

Sementara itu, pebalap debutan asal Jepang Ikuno Hanawa harus rela meninggalkan Dakar tahun ini setelah truknya terbalik setelah 287 km menjelang Special Stage.

Bagi Sotnikov yang menjadi runner up etape kali ini mengatakan, medan balapan hari itu cukup membosankan.

“Hari ini terasa lama dan terkadang membosankan karena kami menghabiskan waktu mengendarai mobil di batas kecepatan,” kata Sotkinov selepas menjalani balapan.

Etape selanjutnya akan start dan finis di Wasi Al Dawasir menempuh rute memutar sejauh 716km dengan Special Stage sepanjang 477km.