Pemprov Sumsel programkan jaringan internet desa

id internet,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Pemprov Sumsel programkan jaringan  internet desa

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan programkan jaringan internet masuk desa di daerah tersebut supaya masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi.

"Untuk tahap awal sebagai percontohan akan dilaksanakan di 34 desa yang tersebar di Sumsel," kata Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Jumat.

Sementara untuk tahun berikutnya akan ditambah lagi hingga ke seluruh desa yang ada di provinsi tersebut.

Selain itu pihaknya bekerja sama dengan PT ICON+ (ICON plus) dalam merealisasikan internet masuk desa tersebut.

Saat ini untuk tahap awal sebagai percontohan, internet desa akan dilaksanakan di 34 Desa tersebar di Sumsel, selanjutnya di tahun-tahun berikutnya akan di tambah dengan menggunakan ICON+ selaku perusahaan konektifitas internet.

Internet desa Provinsi Sumsel salah satu program Gubernur Sumsel H.Herman Deru. Program yang gubernur inisiasi tersebut rencananya akan dilaunching awal Oktober mendatang.

Dia mengatakan, dirinya sudah punya target sendiri di luar Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo)  untuk menyediakan fasilitas internet masuk desa bagi seluruh masyarakat.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfo Sumsel Achmad Rizwan mengatakan, gubernur memang menyatakan ketertarikannya untuk melakukan percepatan kerja sama dengan ICON+ yang merupakan anak perusahaan PLN Persero diklaim dapat menyediakan jaringan hingga ke pelosok Sumsel.

"Intinya ICON+punya sudah punya jaringan (hingga ke pelosok) tersendiri. Bersama jaringan listrik PLN. Nah artinya ini sesuai dengan target gubernur," ujar dia.

Selain berorientasi pada profit, kerja sama ini juga diharapkan memberikan keuntungan bagi Pemprov Sumsel karena bisa merealisasikan internet masuk desa secepatnya.

Soal kepercayaan yang ada pada ICON+ tentu semua paham. Makanya setelah ini gubernur ingin ada aksi nyata yang dirasakan masyarakat, ujar dia.

Sementara Direktur Keuangan dan SDM ICON+ Anindita Eka Wibisono saat pertemuan dengan gubernur lalu mengatakan, seluruh potensi pedesaan dapat dimaksimalkan dengan adanya internet masuk desa.

Sebagai anak perusahaan PLN, pihaknya memberikan manfaat tambahan berupa penyediaan fasilitas jaringan internet ke desa-desa sama seperti PLN yang masuk dengan aliran kelistrikan, tambah dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar