PBI Sumsel siap gelar Kejuaraan Boling Gubernur Cup 2019

id Kejurnas boling, kejuaraan dunia boling, jakabaring, sumatra selatan

PBI Sumsel siap gelar  Kejuaraan Boling  Gubernur Cup 2019

Rapat persiapan Kejuaraan Boling Gubernur Cup 2019 di Palembang, Selasa (3/9/2019), yang dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru dan Ketua Umum Pengprov PBI Sumsel Kurmin Halim. ANTARA/Dolly Rosana

Palembang (ANTARA) - Pengurus Provinsi Persatuan Boling Indonesia (Pengprov PBI) Sumatera Selatan (Sumse) siap menggelar Kejuaraan Boling Gubernur Cup 2019 di Bowling Center Jakabaring Sport City, 29 September mendatang.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Boling Indonesia (PBI) Sumatera Selatan Kurmin Halim di Palembang, Selasa, mengatakan, panitia menargetkan sebanyak 150 orang peserta pada kejuaraan berhadiah total Rp200 juta itu.

"Kejuaraan ini menjadi salah satu ajang pemanasan sebelum perhelatan Piala Dunia yang digelar November mendatang, kami optimistis banyak yang bakal ikut," kata Kurmin Halim.



Ia mengatakan, Gubernur Sumsel Cup ini tak hanya diikuti oleh kabupaten/kota di Sumsel tapi juga melibatkan provinsi di Indonesia.

Selain sebagai ajang pemanasan, kejuaraan terbuka ini juga sebagai pengobat rasa rindu para atlet boling yang pada PON 2020.

Hal ini mengingat cabang olahraga boling tidak dipertandingkan lantaran tuan rumah belum memiliki lintasan yang memadai.

Ia menilai kejuaraan ini akan mengatasi kejenuhan para atlet akibat berlatih yang cukup keras namun tanpa adanya pertandingan se kelas PON. "Perlu diingat juga hadiahnya lebih besar dari Gubernur Cup di DKI yang baru lalu,” kata dia.



Kejuaraan akan terbagi dalam dua klasifikasi masing-masing grade A pria 199 dan ke bawah, grade B pria 189 dan ke bawah serta grade A wanita 189 dan ke bawah , grade B wanita 179 dan ke bawah.

Seluruh pertandingan, menurut Kurmin, dipertandingkan tanpa melalui babak kualifikasi dengan format 10 gim untuk pria dan 8 gim untuk wanita.

Kejuaraan ini akan berlangsung di venue bowling centre di Jakabaring Sport City. Sebelum gelaran piala gubernur, ditempat yang sama akan diadakan Kejuaraan Nasional persisnya pada 29 September ini. Sedangkan rangkaian penutupnya adalah kejuaraan dunia yang akan berlangsung pada awal November nanti.

Sementara itu Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, menjelaskan kejuaraan Piala Gubernur merupakan salah satu ajang bergengsi dalam olahraga boling di Tanah Air, khususnya di Sumatra Selatan.

Untuk itu, ia meminta PBI Sumsel dan PBI pusat untuk dapat menjadikan Piala Gubernur sebagai agenda rutin sehingga bibit atlet dapat di lihat dan dipantau secara periodik.

Selain itu Kejuaraan Gubernur Cup, Kejuaraan Nasional dan Kejuaraan Dunia boling ini untuk mengoptimalkan penggunaan lokasi pertandingan eks Asian Games di Jakabaring.

“Untuk kejurnas, kami akan bantu pendanaan sedangkan Gubernur Cup semua sudah ditanggung oleh pak Kurmin," kata Herman Deru.