Gubernur: Telok Abang khas perayaan Agustus

id gubernur,festival telok abang,telok abang

Festival Telok Abang (Dok.Humas Pemprov)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, Teluk Abang atau mainan berupa kapal yang dihiasi dengan telur warna merah sudah menjadi khas dalam perayaan 17 Agustus di Palembang.

"Setiap perayaan Hari Kemerdekaan RI di Palembang selalu ada jualan "Telok Abang", kata gubernur usai menghadiri Festival Kuliner dan Teluk Abang di Palembang, Kamis.

Ini menujukan Teluk Abang itu menjadi khas bagi masyarakat Palembang saat menyambut hari Kemerdekaan RI.

"Kita bangga karena usaha ini bukan sekadar nilai tampilannya saja melainkan untuk mempertahankan keanekaragaman kuliner yang berasal dari leluhur kita. Maka kita jaga ini untuk anak cucu kita," ujar gubernur.

Bahkan di Kota Palembang ini kurang lengkap jika perayaan 17 Agustus tidak ada Telok Abang. Inilah jelinya para UMKM, mereka berupaya tetap mengenang kreatifitas leluhur dengan kreasi  Telok Abang, kata dia.

Gubernur juga menyambut baik atas dilaksanakan Festival Kuliner dan Telok Abang yang dilaksanakan Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD)  DPD Sumsel bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN).

Festival itu juga untuk menjaga kelestarian tradisi Telok Abang dalam menyambut HUT ke-74 RI, ujar gubernur.

Jadi sudah selayaknya Festival Kuliner dan Telok Abang yang  digelar selama lima hari tersebut dimanfaatkan pedagang untuk berjualan dengan hasil kreasi seni yang lebih kreatif. Sehingga akan  menarik bagi calon pembeli khususnya warga Kota Palembang.

"Saya  harapkan ini bisa mengangkat kembali budaya Telok Abang, sehingga masyarakat akan semakin mencintai dan mengenal kuliner itu. Sekaligus akan meningkatkan pendapatan masyarakat," katanya.

Sementara Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial dalam pembukaan festival lalu mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Kadin Sumsel dan Ketua HIPAKAD serta anggota yang telah berinisiatif mengadakan Festival kuliner dan Telok Abang 2019.

Festival itui sebagai ajang promosi keberagaman makanan khas Sumsel sudah sepatutnya didukung dengan harapan akan semakin memperkaya varian  kuliner nusantara, tambah dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar