Kemenag OKU Timur terapkan pendaftaran haji berbasis daring

id daftar haji daring,haji online,haji dari oku timur,Kantor Urusan Agama,pendaftaran haji berbasis aplikasi,daftar haji online,Saefudin Latief,Kementeri

Kemenag OKU Timur terapkan  pendaftaran haji berbasis daring

jamaah haji (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan sekarang ini menerapkan pendaftaran haji berbasis aplikasi "online" atau dalam jaringan.

Humas Kakanwil Kementerian Agama Sumsel Saefudin Latief di Palembang, Kamis mengatakan, memang Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Ogan Komering Ulu Timur perdana melayani pendaftaran ibadah haji bagi masyarakat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Belitang menggunakan aplikasi.

Kasi PHU Ogan Komering Ulu Timur HM Husni saat dihubungi membenarkan perihal adanya pelayanan haji berbasis aplikasi online.

Menurut dia, pelayanan ini merupakan sebuah terobosan yang di lakukan pihak Kemenag Ogan Komering Ulu Timur dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang akan melakukan pendaftaran ibadah haji.

“Kalau selama ini pendaftaran selalu di lakukan di Kantor Kemenag Martapura,ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan mulai tahun ini kita upayakan proses pelayanan pendaftaran haji lebih mudah dan lebih dekat dengan masyarakat, khususnya daerah Belitang dan sekitarnya,“ kata dia.

Pendaftaran haji yang berbasis daring ini, merupakan sebuah upaya Kemenag dalam konsep jemput bola. Dan diharapkan akan mampu memberikan kemudahan kepada Calon Jamaah Haji.

“Warga cukup membawa persyaratan haji, dan langsung menuju ke KUA Kecamatan Belitang, jika persyaratan dirasa sudah cukup, selanjutnya silahkan datang langsung ke KUA Belitang, petugas kita siap melayani setiap hari kerja dan jam kerja, “ jelasnya.

Dia mengatakan, untuk kemarin sudah dua warga yang mendaftar, yakni Wagiso Atmorejo dan Purnama Warti Binti Arjo Sumarto yang berasal dari Desa Bangsa Negara Kecamatan Belitang Madang Raya.

Dengan adanya pelayanan ini akan mampu memberikan kemudahan terkhusus masyarakat yang akan menunaikan rukun Islam yang ke-5 yaitu Ibadah Haji, ujar dia.

Sementara menurut pengakuan Purnama Warti, dengan adanya petugas pelayanan haji yang di tempatkan di KUA Belitang dirinya tidak perlu mengantri atau jauh jauh datang ke Kantor Kemenag.

“Tentu kami tidak lagi harus mengantri di Kemenag Martapura, kami juga tidak harus jauh jauh datang ke Kantor Kemenag di Martapura, terimakasih kepada Kemenag Ogan Komering Ulu Timur yang telah memberikan kemudahan kepada kami” tambah dia.