Gubernur Sumsel yakin pembangunan jalan tol berlanjut

id gubernur,Jalan tol, infrastruktur jalan, herman deru, gubernur sumsel, menteri PUPR, jalan to di sumsel

Gubernur Sumsel Herman Deru. (Dok.Humas ProvSumsel/18)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumsel Herman Deru yakin pembangunan jalan tol di provinsi itu tetap akan dilanjutkan karena pihaknya bersama wali kota dan bupati ketika menghadap Menteri PUPR M Basoeki Hadimoeljono di Jakarta, Kamis telah membahas masalah tersebut.

"Kami memapparkan dihadapan menteri bahwa tol dan insfrastruktur tersebut sangat mendesak," kata gubernur Herman Deru di Palembang, Jumat.

Deru mengajak wali kota dan bupati se Sumsel  menyampaikan paparan ke Menteri PUPR,  karena infrastruktur sejalan dengan visi dan misi Pemprov Sumsel yang ingin fokus menggenjot program pembangunan skala prioritas tersebut.

"Ini adalah bentuk komunikasi yang nyata dan berbukti. Dengan begini semua permasalahan pembangunan di daerah cepat teratasi. Palembang-Betung segera diatasi oleh Kementerian, dan Jalan Tol Kayu Agung Palembang Betung (KapalBetung) dilanjutkan," katanya.

Sementara untuk seksi jalan tol.Palembang-Betung juga begitu. Ini buktinya maka pihaknya akan mem biasakan komunikasi seperti ini termasuk ke Kementerian lain agar semua persoalan langsung terjawab, sebab untuk menganggarkan di APBD dananya sangat terbatas.

Kalau begini maka akan jelas sehingga daerah tidak harus lagi buang anggaran untuk satu titik pembangunan yang memang sudah dianggarkan pusat.

Dalam rapat terbatas itu Menteri PUPR RI juga berkomitmen memprioritaskan pembangunan exit tol di kawasan Mesuji Ogan Komering Ilir sepanjang 11 Km dengan dana APBN. Sedangkan sisa pembangunan 6 Km lagi diserahkan ke Provinsi Sumsel.

Selain itu juga disetujui antara lain akses jalan menuju Bandara di Kota Lubuklinggau dan peralihan exit tol ke kawasan industri di kota perbatasan tersebut sesuai keinginan Wali Kota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe saat paparan.

Oleh karena itu pihaknya merasa optimistis semua pembangunan jalan tol dan infrastruktur lainnya akan dilanjutkan di  Sumsel yang diharapkan secepatnya rampung.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengaku senang dengan terobosan yang dilakukan Gubernur tersebut. Sejak menjabat wali kota hingga masuk periode kedua  baru kali ini ada gubernur berinisiatif mengajak ramai-ramai paparan langsung di hadapan Menteri PUPR.

"Tentu senang dan saya kira ini inisiatif yang bagus sekali terutama untuk percepatan pembangunan. Kebetulan tadi usulan normalisasi Lambidaro Sekanak sudah disetujui pak Menteri. Mudah-mudahan tahun 2020 bisa mulai dilakukan," tambah dia.

Seperti diketahui selain Gubernur Sumsel juga Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, sejumlah wali kota seperti Palembang H.Harnojoyo, wali kota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe, ada juga bupati lainnya tampak hadir dalam rapat tersebut di antaranya Bupati Banyuasin H.Askolani, Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar,  Bupati Kabupaten Empat Lawang Joncik Muhammad dan Bupati Bangka Selatan.



 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar