Sumsel gelar lomba bayi sehat

id lomba bayi sehat,Bayi, pkk sumsel, bayi sehat, kesehatan bayi, ibu menyesui, ibu hamil, kesehatan ibu hamil

Sumsel gelar lomba bayi sehat

Ketua TP PKK Sumsel, Febrita Lustia Herman. (FOTO ANTARA/HO-Dok.Humas Pemprov Sumsel).

Palembang (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Selatan, Febrita Lustia Herman menyatakan lomba bayi sehat yang digagas pihaknya sebagai upaya menyiapkan generasi penerus berkualitas, karena itu orang tua harus  memperhatikan kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

"Bukan itu saja tetapi dengan adanya lomba bayi sehat dapat memotivasi peran orang tua dalam merawat bayinya," katanya di Palembang, Rabu.

Jadi, kata dia,  lomba balita sehat Indonesia yang dilaksanakan harus didukung dan diikuti sehingga sumber daya manusia Sumsel di masa mendatang akan semakin bemutu.

Apalagi anak sebagai aset keluarga, katanya, tumbuh kembangnya sangat ditentukan pola asuh orang tua sehingga dengan pengasuhan yang baik akan menjadikan anak memiliki fisik, emosional dan perilaku yang sehat.

Dengan anak yang berkualitas, kata dia, maka warisan masa depan dan pembangunan bangsa akan berhasil. Masa lima tahun pertama kehidupan merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan .

Menurut dia, saat ini banyak keluarga yang belum memahami peran, tugas dan kewajiban sebagai orang tua untuk memenuhi hak anak-anaknya. Apalagi di era globalisasi, dimana informasi secara bebas melanda seluruh lapisan masyarakat.

“Globalisasi tidak dapat terbendung dan akan berpengaruh terhadap kehidupan setiap individu serta berdampak terhadap kehidupan dan perkembangan kepribadian anak, maupun hubungan antar anggota keluarga,” katanya

Dengan diadakannya lomba tersebut, katanya, diharapkan para orang tua, terutama ibu, dapat memberikan pemenuhan kesehatan usia pada anak, seperti melakukan imunisasi, pemberian ASI eksklusif dan melakukan kunjungan rutin di posyandu.

Sebab di posyandu ibu dapat belajar bersama seperti menu gizi, menimbang dan ukur tinggi badan anak, sehingga tanda-tanda stunting akan cepat dikenal dan cepat diatasi

Oleh karena itu, Febrita Lustia Herman mengapresiasi  Lomba Balita Indonesia Tingkat Provinsi Sumsel 2019 dalam rangka pemantauan tumbuh kembang balita sekaligus memacu keluarga agar dapat terus memantau kesehatan sejak dari kehamilan, persalianan, bayi hingga masa balita.