Karya Basoeki Abdullah banyak terinspirasi dari mitologi

id Mitologi basoeki abdullah,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, wong palembang, wisata p

Karya Basoeki Abdullah banyak terinspirasi dari  mitologi

Ilustrasi - Pengunjung sedang melihat lukisan dalam pameran "Spirit Potret" di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta, Selasa (25/9). (Antara/Aubrey Fanani)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Museum Basoeki Abdullah Maeva Salmah mengatakan bahwa karya-karya lukisan Basoeki Abdullah banyak terinspirasi dari mitologi Indonesia, terutama mitologi Jawa.

"Salah satunya adalah Nyi Roro Kidul, dia sangat erat dengan Nyi Roro Kidul. Salah satu lukisan Basoeki adalah Nyi Roro Kidul sedang membelah lautan," kata dia di Jakarta, Selasa.

Selain itu lukisan lain yang terinspirasi oleh mitologi adalah lukisan Jaka Tarub dan ujuh bidadari, serta lukisan tokoh-tokoh pewayangan.

Menurut Maeva, mitos telah menjadi bagian dari diri Basoeki, termasuk ketika dia juga melukis tokoh pewayangan Rahwana sebagai cerminan dari dirinya.

Basoeki, katanya, adalah pelukis yang dapat menangkap karakter dari tokoh yang dilukisnya, begitu juga ketika dia melukis tokoh-tokoh dari mitologi Jawa. Dia bisa menghidupkan tokoh-tokoh tersebut melalui lukisannya.

Menurut Maeva, kelekatannya pada mitos menunjukkan bahwa Basoeki tetap mencintai ranah kelahirannya, walaupun dia sudah banyak melanglang buana ke berbagai negara.