Program mudik gratis jadi serbuan pemudik

id Mudik gratis,Program mudik gratis,Pelabuhan tanjung priok,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang

Program mudik gratis jadi serbuan  pemudik

Sejumlah pemudik bersantai di kapal KM. Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok. (ANTARA/Kuntum Khaira Riswan)

Jakarta (ANTARA) - Program mudik gratis sepeda motor yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) menjadi serbuan pemudik rute Jakarta-Semarang.

Pantauan di Jakarta, Senin menunjukan sejumlah pemudik yang datang menggunakan sepeda motor langsung melakukan check in di halaman depan Pelabuhan Tanjung Priok dan segera bergegas memasuki kapal KM. Dobonsolo.

Padahal, kapal yang akan berlayar selama 15 jam sebelum menepi di pelabuhan di Semarang itu akan berangkat pukul 16.00 WIB.

Beberapa pemudik telah memilih kamar yang akan digunakan untuk beristirahat, sisanya mengambil kasur dan meletakkan di pelataran di dalam kapal.

Salah satunya Wartinah, pemudik tujuan Randu Belatung Semarang yang sudah empat kali mudik gartis itu, mulai memasuki kapal sejak pukul delapan pagi karena takut tidak kebagian tempat.

Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan kereta atau bus, faktor ekonomi membuat Wartinah beserta suami dan kedua anaknya memilih program mudik gratis itu.

“Lumayan duitnya bisa dipakai untuk kebutuhan yang lain. Anak-anak juga senang bisa sambil jalan-jalan dan melihat pemandangan di luar,” kata Wartinah.

Program mudik gratis sepeda motor yang dilaksanakan pada arus mudik 31 Mei, 1 Juni, dan 3 Juni dan arus balik pada 8, 10, dan 12 Juni 2019 di Pelabuhan Tanjung Priok itu sudah memasuki tahun keempat.

Bagi pemudik yang berminat, bisa melakukan pendaftaran secara online atau mendapatkan tiket yang berlebih pada hari H keberangkatan di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Pemudik yang datang baru akan kita beri tiket, karena tidak semua yang daftar hadir. Tapi sudah dua hari ini tingkat keterisiannya diatas 90 persen,” ujar Manajer Penjualan PT PELNI Fitriyaningsih di Terminal Penumpang Nusa 2, Pelabuhan Tanjung Priok.

Berdasarkan data dari PT PELNI, pada hari pertama keberangkatan 30 Mei, sebanyak 1.980 pemudik dan 910 motor telah berangkat dari 2.198 pemudik dan 995 motor yang telah mendaftar.

Pada hari kedua 1 Juni, sebanyak 2.013 pemudik dan 839 motor telah berangkat dari 2.220 penumpang dan 1.004 motor yang mendaftar.

Sedangkan, pada hari terakhir 3 Juni hingga pukul 14.30 WIB, 1.626 pemudik dan 717 motor telah melakukan check in daei 2.301 pemudik dan 1.037 motor yang mendaftar.