Pemkab OKU gelar Pasar Bedug selama bulan Ramadhan

id Pemkab OKU gelar Pasar Bedug selama Ramadhan,ramadhan 1440 H,jelang ramadhan,sambut ramadhan,tradisi ramadhan,bulan puas

Dokumen - Pasar bedug Ramadhan. (ANTARA News Sumsel)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu  (OKU), Sumatera Selatan, menggelar Pasar Bedug yang dibuka di wilayah setempat selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah.

Bupati OKU Kuryana Azis di Baturaja, Senin (6/5), mengemukakan pemerintah daerah setempat melalui Dinas Koperasi dan UMKM setempat menggelar pasar bedug yang dibuka di Taman Kota Baturaja selama Ramadhan tahun ini.

Pasar bedug ini, kata dia, digelar selama satu bulan yang mulai dibuka pukul 15.00 Wib hingga menjelang waktu berbuka puasa.

"Ada puluhan lapak yang disiapkan dan pada umumnya pasar bedug ini diisi pedagang makanan dan minuman khas untuk menu berbuka puasa atau takjil," ungkapnya.

Menurut dia, pasar bedug ini rutin dilaksanakan setiap tahun pada saat bulan suci Ramadhan yang diharapkan dapat dijadikan pedagang sebagai sarana mencari rezeki dan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat dengan berdagang.

Dengan adanya pasar ini, Bupati mengimbau kepada para pedagang kuliner agar tertib dalam berdagang dan tidak menjual barang dagangan yang sudah kadaluarsa.

Selain itu, lanjut dia, pedagang juga diingatkan untuk tidak menjual makanan yang mengandung berbagai bahan pewarna dan zat berbahaya agar aman dikonsumsi masyarakat.

"Barang yang dijual juga harus dengan harga yang wajar," tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM OKU, Joni Amran dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan pasar bedug merupakan sebuah tradisi bagi umat Islam dalam menyambut dan memeriahkan datangnya bulan suci Ramadhan yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun.

"Jumlah lapak yang dipersiapkan di pasar bedug ini sebanyak 150 lapak pedagang terdiri dari lauk pauk, kue, minuman segar, makanan dan takjil," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar