Pelabuhan Tanjung Api Api Sumsel upaya pengembangan KEK

id kawasan ekonomi khusu,kek sumsel,tanjung api-api,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, jembatan ampera, w

Pelabuhan Tanjung Api Api Sumsel upaya pengembangan KEK

Puluhan truk yang akan menyeberang ke Pulau Bangka terjebak antrian panjang di Pelabuhan Tanjung Api Api (TAA), Banyuasin, Sumatera Selatan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Pelabuhan Tanjung Api Api, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan yang diresmikan beberapa waktu lalu sebagai upaya untuk mengembangkan kawasan ekonomi khusus guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kini Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini membutuhkan pelabuhan untuk mengirim produksi yang dihasilkan dari kawasan tersebut," kata Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Minggu.

Dia menjelaskan, Kawasan Ekonomi Khusus akan dibangun berbagai proyek besar maka perlu prasarana distribusi seperti pelabuhan.

Selain mengurai kepadatan di Pelabuhan Bom Baru Palembang, keberadaan pelabuhan Tanjung Api Api ini diharapkan menjadi solusi tambahan selain jalan khusus untuk memudahkan angkutan distribusi batu bara.

Dengan adanya pelabuhan ini diharapkan produk komoditas andalan seperti kopi, dan beras makin dikenal sebagai produk asli Sumsel bukandiatasnamakan daerah lain.

Perkebunan kopi Sumsel adalah salah satu terbesar di dunia. Tetapi karena daerah ini tidak ada pelabuhan untuk mendistribusikannya keluar, maka dikirim lewat daerah lain, sekarang malah daerah itu yang terkenal.?

"Jadi dengan adanya pelabuhan itu mudah-mudahan orang akan tahuada kopi Sumsel, dan ada beras Sumsel karena memang dikirim dari sini," ujar dia.

Menurut dia, memang butuh keberanian untuk bisa mengoperasikan pelabuhan yang sudah dibangun sejak 15 tahun silam tersebut.

Dengan telah dibukanya pelabuhan tersebut diharapkan perekonomian daerah ini akan semakin meningkat.

Selain itu juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena akan menyerap tenaga kerja, kata dia.

Namun, lanjut gubernur, dengan diresmikannya pelabuhan itu akan menjadi ?perhatian eksportir dan importir karena menjadi gerbang pelepasan barang.