328 pengawas TPS Kecamatan Baturaja Timur dilantik

id pengawas TPS,pelantikan pengawas TPS,Panwascam kecamatan,Syaiful,Panwascam Devisi SDM Kecamatan,Pengawas TPS dan PPL,panwaslu oku

328 pengawas TPS Kecamatan Baturaja Timur dilantik

Pelantikan 328 pengawas TPS Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU di Aula Kantor kecamatan setempat, Senin. (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 328 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Senin (25/3) dilantik oleh Panwascam kecamatan setempat untuk ditugaskan membantu mengawasi proses pemilu di wilayah itu.

Menurut Anggota Panwascam Devisi SDM Kecamatan Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Syaiful di Baturaja, Senin mengatakan bahwa selain Pengawas TPS dalam pelantikan yang digelar di Aula Kantor Camat Baturaja Timur tersebut
pihaknya juga melantik 13 orang Panitia Pengawas Lapangan (PPL).

"Mereka semua akan ditugaskan untuk membantu mengawasi proses pemilihan dan penghitungan suara di seluruh TPS yang ada di Kecamatan Baturaja Timur," tegasnya.

Menurut dia, setelah pelantikan tersebut dilaksanakan pihaknya langsung memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada seluruh Pengawas TPS dan PPL tentang tugas yang harus dilakukan saat pemilu nanti.

"Kami berharap melalui bimtek ini para Pengawas TPS dan PPL bisa bertugas dengan baik, mengerti apa yang akan dikerjakannya, serta dapat membantu menyelesaikan jika ada masalah di TPS," katanya.

Dia menegaskan, para Pengawas TPS dan PPL nantinya dilarang meninggalkan TPS sampai proses penghitungan suara pemilu selesai dilaksanakan untuk memastikan proses penghitungannya berjalan aman dan lancar.

Selain itu, lanjut dia, mereka juga diberi amanah untuk mengawal pergerakan kotak suara dari TPS ke kelurahan dan memastikan seluruh saksi partai politik serta perorangan yang datang ke TPS membawa surat mandat.

"Jadi tugas mereka sangat penting sekali dalam membantu kami di lapangan," ujarnya.