Profil singkat delapan besar Liga Champions

id Liga Champions,Porto,Tottenham Hotspur,Manchester City,Manchester united

Delapan besar Liga Champions 2019 (ANTARA/Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Liga Champions musim 2018-2019 telah rampung menggelar putaran 16 besar pada Kamis pagi WIB setelah Liverpool dan Barcelona menjadi dua tim terakhir yang memastikan tempat di delapan besar.

Sementara Barcelona menjadi satu-satunya sisa wakil Spanyol di delapan besar, Liverpool memastikan empat tim Inggris tetap bertahan di babak perempat final tersebut.

Selain Liverpool, Tottenham Hotspur, Manchester United dan Manchester City sudah lebih dulu lolos ke perempat final.

Keberadaan empat tim Inggris di babak perempat final terakhir kali terjadi pada musim 2008-2009,  saat itu tempat City dan Tottenham diisi oleh Arsenal dan Chelsea.

Tiga slot lain di daftar delapan besar Liga Champions diraih oleh wakil Belanda Ajax, klub Portugal Porto dan raksasa Italia Juventus.

Sementara pengundian babak perempat final bakal dilakukan pada Sabtu (16/3) sore WIB di markas UEFA di Nyon, Swiss, berikut profil singkat tim-tim yang lolos ke delepan besar Liga Champions musim ini (urutan berdasarkan alfabetik):

                  Ajax

- Lolos ke perempat final setelah membalikkan defisit kekalahan 1-2 di laga pertama 16 besar dengan mempecundangi Real Madrid 4-1 di Santiago Bernabeu.

- Untuk pertama kalinya mencapai delapan besar Liga Champions setelah terakhir kali 2002-2003 namun kala itu disingkirkan AC Milan lewat skor agregat 2-3.

- Keberhasilan mereka lolos ke perempat final seolah menjadi momentum membangkitkan status Ajax sebagai salah satu tim tersukses di Eropa dengan catatan empat kali juara Liga Champions, termasuk tiga kali beruntun pada 1971-1973 (saat masih bernama Piala Champions).

              Barcelona

- Lolos ke perempat final usai mengalahkan wakil Prancis Olympique Lyon dengan skor agregat 5-1, setelah main imbang 0-0 di pertandingan pertama.

- Selalu lolos ke perempat final Liga Champions dalam 12 musim terakhir dengan tiga di antaranya melaju hingga menjadi juara pada 2009, 2011 dan 2015.

- Pengoleksi lima gelar juara Liga Champions ini memiliki rekor sedikit negatif yakni selalu terhenti di babak perempat final dalam tiga musim terakhir.

           Juventus

- Lolos ke perempat setelah melunasi defisit kekalahan 0-2 di laga pertama dan menang 3-0 di laga kedua atas Atletico Madrid berkat catatan trigol Cristiano Ronaldo, pemain tersubur di Liga Champions dengan catatan 124 gol dalam 160 penampilan serta delapan kali trigol.

- Tiga musim beruntun lolos ke perempat final. Dua kali mencapai final dalam lima musim terakhir, namun selalu gagal juara.

- Dua kali menjuarai Liga Champions, terakhir pada 1996 dengan mengalahkan Ajax lewat drama adu penalti.

           Liverpool

- Lolos ke perempat final setelah menang 3-1 di markas Bayern Muenchen dan skor agregat yang sama karena main imbang tanpa gol di laga pertama.

- Dua musim beruntun lolos ke perempat final, musim lalu mencapai final namun kalah 1-3 dari Real Madrid di Kiev.

- Juara lima kali Eropa, terakhir kali pada 2006 lewat sebuah drama di Istanbul melawan AC Milan.
   

         Manchester City


- Menghiasi kelolosan ke perempat final dengan kemenangan telak 7-0 atas wakil Jerman Schalke 04 di laga kedua, membuat skor agregat menjadi 10-2.

- Musim lalu juga lolos ke perempat final, hanya untuk dikalahkan Liverpool 0-3 di Anfield dan 1-2 di Etihad.

- Klub yang didanai uang dari Timur Tengah dan tengah diinvestigasi atas dugaan pelanggaran finansial selalu bermimpi menjuarai Liga Champions, tapi capaian terbaik mereka hanyalah semifinal 2015-2016 ketika dikalahkan Real Madrid lewat skor agregat 0-1.

          Manchester United

- Lolos dengan menyingkirkan klub kaya Prancis, Paris Saint-Germain, berbekal agresivitas gol tandang setelah melunasi defisit kekalahan 0-2 di Old Trafford dan menang 3-1 di Parc des Princes.

- Terakhir kali mencapai perempat final pada 2013-2014 namun kalah dengan skor agregat 2-4 dari Bayern Muenchen.

- Tiga kali juara dan terakhir mencapainya dengan menundukkan sesama klub Inggris, Chelsea, lewat adu penalti pada 2008.

             Porto

- Lolos dengan menyisihkan AS Roma dengan agregat 4-3 setelah kalah 1-2 di Olimpico dan menang 3-1 lewat babak tambahan di Estadio do Dragao.

- Terakhir kali mencapai perempat final pada 2015, namun disingkirkan Bayern Muenchen setelah membuang keunggulan 3-1 di laga pertama dan kalah 1-6 di laga kedua.

- Dua kali juara, terakhir kali pada 2004 sebagai kuda hitam di tangan Jose Mourinho dan mengalahkan AS Monaco 3-0 di final.

            Tottenham Hotspur

- Lolos dengan meraih dua kemenangan atas Borussia Dortmund, 3-0 di laga pertama dan 1-0 di laga kedua.

- Terakhir kali mencapai perempat final pada 2011 namun disingkirkan Real Madrid setelah menelan dua kekalahan dengan skor agregat 0-5.

- Baru lima kali tampil di pentas tertinggi antarklub Eropa dengan capaian terbaik babak semifinal pada 1962 dan disingkirkan klub Portugal, Benfica, setelah membuang kemenangan 2-1 di laga pertama dan kalah 1-3 di laga kedua.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar