Akhir tahun, hanya dua komoditas ini yang naik

id ayam potong,telur,komoditas,sembako,tahun baru

Akhir tahun, hanya dua komoditas ini yang naik

Ilustrasi ayam potong (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18/)

Musi Rawas Utara (ANTARA News Sumsel) - Harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan terpantau normal, hanya dua komoditas yang mengalami kenaikan yakni telur dan ayam potong.

"Secara umum harga bahan pokok masih stabil, memang ada dua komoditas harganya naik, yakni telur dan daging ayam potong, tetapi masih di level normal," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Musi Rawas Utara, Syamsu Anwar di Muara Rupit, Rabu.

Menurut dia, walaupun ada kenaikan pihaknya meyakini tidak akan terlalu signifikan, karena faktor penyebab kenaikan itu sendiri dipicu psikologi masyarakat yang kerap berbelanja dalam jumlah banyak pada momen tertentu seperti hari Natal dan menjelang tahun baru ini.

"Faktor musim hujan seperti saat ini juga berpotensi mempengaruhi kenaikan harga, tapi kemungkinannya kecil, karena cuaca itu hanya berdampak pada distribusi barangnya, selagi distribusi masih lancar dan memenuhi pasar, maka masih aman," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk harga komoditas lain seperti cabai, bawang merah, bawang putih, naik dan turunnya bersifat sementara bergantung pasokan, bisa terjadi setiap hari dalam rentang harga yang tidak terlalu jauh.

Sementara pantauan ANTARA News Sumsel di pasar Lawang Agung Kecamatan Rupit, harga komoditas cabai berkisar Rp20.000 sampai Rp26.000 per kilogram, bawang putih dan merah di harga Rp24.000 per kilogramnya.

Sedangkan harga ayam potong naik dari Rp25.000 menjadi Rp40.000 per kilogram, serta harga telur juga naik dari Rp39.000 menjadi Rp44.000 per karpetnya, sementara harga komoditas lain masih stabil.