CSKA bantai Madrid di Santiago Bernabeu

id CSKA Moskow,Real Madrid,Liga Champions,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palebang,antara palembang

CSKA bantai Madrid di Santiago Bernabeu

Perebutan bola antara pemain CSKA Moskow dan Real Madrid, (Epsilon/Getty Images Europe)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - CSKA Moskow berhasil menggunduli tuan rumah sekaligus juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, dengan skor 3-0 dalam laga pamungkas penyisihan Grup G di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Kamis dini hari WIB.

Gol-gol yang dicetak Fedor Chalov, Georgi Schennikov dan Arnor Sigurdsson sukses menodai capaian Madrid yang sejak pertandingan sebelumnya sudah memastikan lolos ke babak 16 besar, demikian catatan pertandingan laman resmi UEFA.

Kepastian tiket yang sudah berada di tangan membuat pelatih Santiago Solari melakukan langkah berisiko dengan menurunkan banyak pemain lapis kedua di skuatnya dalam laga tersebut.

Tercatat nama Federico Valverde dan Marcos Llorente berada di lini tengah ketimbang nama-nama besar seperti Luka Modric maupun Toni Kroos.

Hal yang sama juga dilakukan Solari untuk barisan pertahanan Madrid yang dikawal duet Jesus Vallejo dan Javi Sanchez ketimbang Raphael Varane dan Sergio Ramos.

Walhasil, Madrid menderita kekalahan terburuk mereka dalam laga kandang Liga Champions dalam beberapa musim terakhir.

Bahkan hasil itu membuat CSKA menjadi satu-satunya tim yang bisa memenangi dua pertemuan di fase penyisihan grup melawan Madrid di Liga Champions sejak terakhir kali hal serupa dilakukan oleh Juventus pada musim 2008-2009 silam.

Statistik pertandingan memang memperlihatkan bahwa Madrid memiliki 68 persen penguasaan bola dengan 19 percobaan tembakan yang hanya enam di antaranya menemui sasaran, namun CSKA hanya membutuhkan lima tembakan tepat sasaran untuk mencetak tiga gol kemenangan mereka.

Gol pembuka keunggulan CSKA lahir pada menit ke-37 kala aksi individual Sigurdsson melewati para gelandang Madrid diakhiri dengan sodoran kepada Chalov yang mengambil satu langkah sebelum melepaskan tembakan melengkung menaklukkan kiper Thibaut Courtois.

Lima menit berselang, CSKA menggandakan keunggulan mereka lewat sambaran Schennikov atas bola liar tembakan Mario Fernandes yang tak mampu diantisipasi sempurna oleh Courtois.

Keunggulan dua gol yang dimiki CSKA sukses memaksa Solari mempertimbangkan ulang strateginya, dengan memasukkan Kroos menggantikan Llorente serta Gareth Bale untuk Karim Benzema di babak kedua.

Namun, hal itu hanya bisa mengubah keadaan penguasaan bola dan bukannya angka yang terpampang di papan skor Santiago Bernabeu.

CSKA malah menambah keunggulan mereka menjadi 3-0 saat umpan tarik Nikola Vlasic berhasil disambut dengan tendangan sentuhan pertama oleh Sigurdsson yang kembali memaksa Courtois memungut bola dari dalam gawangnya.

Madrid sebetulnya sempat memperoleh peluang emas pada babak pertama, tepatnya menit ke-24, saat Junior Vinicius melepaskan tembakan yang masih bisa ditepis kiper Igor Akinfeev dan Marco Asensio yang memperoleh bola muntah hanya bisa membentur tiang gawang.

Ironisnya bagi CSKA kemenangan di Santiago Bernabeu tak mengubah posisi mereka di dasar klasemen dengan raihan 7 poin, lantaran Viktoria Plzen (7) juga meraih kemenangan di kandang AS Roma (9).

Akibatnya, Plzen menjadi tim yang berhak memperoleh satu tiket ke babak 32 besar Liga Europa.

Susunan pemain kedua tim:

Real Madrid (4-2-3-1): Thibaut Courtois; Alvaro Odriozola, Jesus Vallejo, Javi Sanchez. Marcelo (Dani Carvajal); Federico Valverde, Marcos Llorente (Toni Kroos); Marco Asensio, Isco Junior Vinicius; Karim Benzema (Gareth Bale)

CSKA Moskow (3-4-2-1): Igor Akinfeev; Kirill Nababkin, Rodrigo Becao, Hordur Magnusson; Mario Fernandes, Kristijan Bistrovic, Ivan Oblyakov (Konstantin Kuchaev), Georgi Schennikov; Arnor Sigurdsson (Takuma Nishimura), Nikola Vlasic; Fedor Chalov (Abel Hernandez) Pelatih: Viktor Goncharenko