Pemprov Sumsel dan Lampung bahas Lanud Gatot Subroto

id operasional Landasan udara Gatot Subroto Lampung,Gubernur Sumatera Selatan,Herman Deru,Bupati Way Kanan,H. Raden Adipaty Surya,berita sumsel,berita pa

Pemprov Sumsel dan Lampung bahas Lanud Gatot Subroto

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menerima Bupati Way Kanan Provinsi Lampung H. Raden Adipaty Surya, SH., MM, di Griya Agung Selasa (04/12/18). Kedatangan rombongan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus rapat terbatas (ratas) terkait percepatan operasional Landasan udara Gatot Subroto Lampung. (ANTARA/Dok.Humasprovsumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung membahas pengaktifan landasan udara Angkatan Darat Gatot Subroto sebagai angkutan komersil.

Gubernur Sumsel Herman Deru saat menerima Bupati Way Kanan, Lampung Raden Adipaty Surya di Palembang, Selasa mengatakan, Way Kanan memiliki keunggulan lokasinya ditempati bandara Gatot Subroto.

"Meskipun kalau dari segi karakteristik kedua daerah memiliki kesamaan dari topografinya, kultur, hingga masyarakatnya," kata Herman.

"Dari 2006 sejak menjadi Bupati, Saya sudah berupaya untuk mengaktifkan bandara itu menjadi komersil. Positifnya akan berdampak luar biasa baik itu untuk Provinsi Sumsel maupun Provinsi Lampung," ungkapnya

Oleh karena itu pertemuan dengan bupati ini bertujuan bagaimana mengakselerasikan pembangunan di daerah perbatasan agar menjadi yang setara dan menonjol dibandingkan daerah lainnya, kata dia.

Gubernur juga mengajak Bupati Way Kanan, Lampung untuk bersama-sama memperjuangkan agar lanudad Gatot Subroto segera beroperasi.

"Kita sama- sama mengawali ini, tidak bisa kalau tidak dikawal.Sebagai Gubernur yang dulunya jadi Bupati Ogan Komering Ulu Timur sangat ingin bandara ini aktif," kata gubernur.

Lebih lanjut dia mengatakan, bila perlu dibuatkan nota kesepahaman antara Provinsi Sumsel dan Provinsi Lampung untuk mengoperasionalkan bandara tersebut.

Memang, lanjut gubernur, buat bandara baru lagi mau, apalagi bandara yang lama diaktifkan karena itu dapat menyamakan keselarasan pembangunan Provinsi Sumsel dan Lampung.

Sementara Bupati Way Kanan Provinsi Lampung mengatakan, pihaknya berterimakasih atas perhatian Gubernur Sumsel yang dengan ikhlas memperjuangkan dan menjadi motor penggerak mengawali Lanudad Gatot Subroto segera beroperasi.

"Karena urusan ini memang ada hubunganya dengan Gubernur Sumsel Karena beliau dua periode menjadi bupati Ogan Komering Ulu Timur sehingga besar harapan saya lanud itu secepatnya beroperasi," kata bupati.

Dalam rapat terbatas itu Gubernur Sumsel langsung menghubunghi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar Lanudad Gatot Subroto segera beroperasi.

Dari komunikasi yang dilakukan gubernur tersebut ia berupaya meminta petunjuk agar keinginan masyarakat Way Kanan segera menjadi kenyataan.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar