Menhub akan maksimalkan Pelabuhan Tanjung Api-Api

id budi karya,tanjung api-api,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,kawasan ekonomi khusus

Menhub akan maksimalkan Pelabuhan Tanjung Api-Api

Budi Karya Sumadi. (ANTARA /Reno Esnir)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan memaksimalkan keberadaan Pelabuhan Tanjung Api-Api untuk menampung arus penumpang dan barang yang cukup banyak.

"Kita melihat kapasitas yang digunakan pelabuhan penyeberangan di kawasan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin, Sumsel sekarang ini belum maksimal pengoperasionalnya," kata Menhub di Palembang, Sabtu.

Dia mengatakan, padahal di sisi lain ada potensi angkutan barang yang bisa dilakukan dari Palembang ke Bangka maupun Belitung.

Bila itu dimaksimalkan maka arus angkutan penumpang dan barang akan semakin banyak. Oleh karena itu pihaknya akan berkoordinasi agar fungsi pelabuhan menjadi dua jenis.

Sekarang untuk penumpang dan yang dikelola Pelindo akan diserahkan ke ASDP ditambah angkutan barang atau Roro ke Tanjung Api-Api ke Bangka.

Memang, lanjut dia, butuh waktu dan pihaknya minta Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel, Dirjen Perhubungan Laut dan Darat untuk segera berkoordinasi.?

Bila itu dimaksimalkan maka kawasan Tanjung Api Api semakin berkembang.

Sebagaimana diketahui areal Tanjung Api Api terdapat kawasan ekonomi khusus dan juga akan dibangun pelabuhan samudera.

Kawasan tersebut juga direncanakan akan dibangun industri skala besar dan kecil serta hilirisasi produk unggulan daerah.