Serikat Saudagar Nusantara Palembang gelar seminar kewirausahaan

id Saudagar Nusantara,Wirausaha,UKM

Serikat Saudagar Nusantara Palembang gelar seminar kewirausahaan

Kegiatan Serikat Saudagar Nusantara (SSN) Palembang bertajuk “Berdaya untuk Negeri, Berkarya untuk Negeri” bersama pembicara Konsultan Senior dan Direktur PT. SNF Consulting Iman Supriyono (kanan) di Hotel Amaris Palembang, Kamis (22/11). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Serikat Saudagar Nusantara (SSN) Palembang menggelar kegiatan perdananya bertajuk “Berdaya untuk Negeri, Berkarya untuk Negeri” dalam memberdayakan seluruh pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Palembang, Kamis (22/11).

“Lebih dari 150 audien pelaku UKM dan umum hadir dan menyambut antusias kegiatan ini,” kata Ketua Panitia Kegiatan SSN Palembang Tefhan di Palembang.

Ia mengatakan Palembang merupakan salah satu dari lima kota perekonomian terbesar di Indonesia dengan peluang ekonomi yang besar.

“Apalagi pasca Asian Games 2018 lalu, semakin banyak investor dari luar yang mulai berinvestasi ke Palembang,” tambahnya.

Ia menambahkan faktor tersebut dapat menjadi peluang bagi pelaku UKM untuk mengenalkan usahanya ke kancah internasional.

“Anggota SSN di Palembang saat ini mencapai 350 anggota dari beragam elemen, umum sampai yang sudah ahli di dunia usaha,” jelas Tefhan.

Tefhan mengatakan kegiatan SSN ini akan menjadi agenda tahunan yang akan diadakan rutin dengan peserta yang lebih banyak lagi.

“Kita harus saling bergandengan tangan dan bersatu untuk bagaimana caranya usaha di Palembang ini dapat “Go International”,” tegasnya.

Konsultan Senior dan Direktur PT. SNF Consulting, Iman Supriyono mengatakan pembenahan sistem dalam pembiayaan dapat membantu mengembangkan wirausaha menjadi lebih baik.

“Sistem itu seperti tripod dengan tiga bagian yakni keuangan, operasional dan marketing, ketiga komponen ini harus kuat jika usaha ingin terus kokoh,” ujarnya.

Iman mengatakan keuangan harus dikelola dengan baik, dengan struktur dan Standar Operasional Prosedur (SOP) tayang bagus akan tercipta usaha yang kuat dan maju.