Disbudpar dongkrak pengunjung objek wisata Rantau Kumpai

id Rantau Kumpai,objek wisata,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Disbudpar dongkrak pengunjung objek wisata Rantau Kumpai

Kawasan wisata Rantau Kumpai OKU (ANTARA News Sumsel)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan mendongkrak jumlah pengunjung di objek wisata Rantau Kumpai dengan melakukan pembenahan dan penambahan fasilitas.

"Untuk mendongkrak minat kunjungan wisatawan di Rantau Kumpai, kami menambah sekaligus memperbaiki fasilitas yang ada di objek wisata tersebut," kata Sekretaris Disbudpar Ogan Komering Ulu, Imron HS di Baturaja, Rabu.

Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu melalui Disbudpar setempat pada tahun ini menambah kelengkapan sarana di objek wisata yang terletak di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap tersebut.

Menurut dia, hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata di Rantau Kumpai agar lebih banyak dari sebelumnya.

"Selama ini dalam satu bulan rata-rata kunjungan sekitar 80-100 orang. Sedangkan saat musim liburan bisa mencapai 200 pengunjung. Diharapkan ke depannya jumlah tersebut semakin bertambah," ungkapnya.

Dia menjelaskan, sarana dan prasarana objek wisata alam Rantau Kumpai yang ditambah atau perbaiki seperti mushola, pintu gerbang, boat walk untuk pejalan kaki berjalan sekitar danau serta pergola tempat pengunjung bersantai.

Untuk boat walk, lanjut dia, saat ini pengerjaannya sudah hampir rampung dikerjakan sehingga nantinya pengunjung dapat menikmati pemandangan danau berjalan kaki di atas rawa.

"Wisata ini menjadi salah objek yang sudah dikelola secara resmi sebagai objek wisata yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu selain Goa Putri di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji," ujarnya.

Dia menambahkan, kawasan objek wisata Rantau Kumpai berjarak tempuh sekitar 15 menit dari Kota Baturaja menggunakan kendaraan roda empat yang memiliki?luas lahan mencapai 10 hektare.

Luasan lahan yang ada tersebut dikelilingi?perkebunan milik masyarakat setempat dan juga terdapat sebuah danau seluas satu hektare.