Gubernur minta masyarakat utamakan kesehatan

id herman deru,berita , gubernur sumsel,apbd, pendapatan oku, anggaran apbd, oku, berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara hari ini, antara

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. (ANTARA FOTO/Feny Selly/Ang)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta agar masyarakat mengutamakan pencegahan dalam menjaga kesehatan karena itu hal cukup penting.

"Saya mengajak dengan tegas agar sama-sama dapat berkomitmen dalam hal kesehatan baik tindakan terutama pencegahan," kata gubernur usai menghadiri peringatan hari kesehatan nasional di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak hanya dilihat dari aspek tindakan atau pengobatan saja tetapi pencegahan bagaimana dapat mengedukasi masyarakat dari hal-hal yang kecil.

"Jadi parameter pelayanan kesehatan itu bagi pemerintah tidak hanya memberikan pengobatan yang gratis, tapi mengedukasi masyarakat mulai dari mencuci tangan," ujar dia.

Dia mengatakan hal ini karena mencegah tentu lebih murah dan mudah dari pada mengobati sehingga itu harus diutamakan, kata dia.

Menurut dia, untuk pelayanan yang diberikan pemerintah, petugas agar mampu membuat pasien menjadi nyaman selama proses penanganan dari hal-hal yang kecil seperti contoh ramah dan senyum.

Begitu juga dalam aspek fasilitas gubernur juga mengimbau agar petugas mampu memberikan fasilitas kesehatan yang nyaman kepada masyarakat baik peralatan medis maupun mobil ambulance.

"Petugas harus memberikan perhatian dari hal-hal yang kecil seperti dengan ramah dan sopan, jangan masalah di rumah di bawa ke kantor dan itu bisa saja pasien bertambah sakit," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kemudian inventaris peralatan kesehatan untuk dirawat dan di benahi seperti Ambulance, jangan sampai mobil ambulancenya buruk.

Gubernur Sumsel juga mengajak agar memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat yang berada di tepian jalan maupun di tepian sungai.

Selain itu dirinya berpesan agar masyarakat mampu menjaga kesehatan karena tidak ada gunanya banyak harta dan tinggi jabatan jikalau tidak sehat.

Menurut dia, kaitannya dengan kesehatan ini pihaknya berkomitmen untuk menghidupkan kembali pelayanan kesehatan melalui posyandu hingga ke desa - desa.

Gubernur juga minta Kepala Dinas Kesehatan Sumsel agar pada 2019 posyandu dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam acara tersebut dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan gerakan masyarakat hidup sehat dan percepatan capaian universal health coverage (UHC) yang bertajuk "Sumatera Selatan Maju Untuk Semua".

Dalam acara tersebut gubernur diberikan kejutan pemotongan nasi tumpeng sebagai ucapan hari ulang tahun Herman Deru ke 51 yang jatuh pada 17 november 2018.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar