BPBD minta masyarakat waspadai banjir dan longsor

id banjir,longsor,Badan Penanggulanan Bencana Daerah,bpbd sumsel,berita sumsel,berita palembang,mewaspadai banjir,Iriansyah

BPBD minta masyarakat waspadai banjir dan longsor

Dokumentasi- Warga beraktivitas di kawasan permukiman yang terendam banjir. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/18.

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan (Sumsel) meminta seluruh lapisan masyarakat dan instansi terkait lainnya untuk selalu mewaspadai banjir dan longsor.

"Hal ini karena Sumsel rawan akan banjir dan longsor, terutama musim penghujan, kata Kepala BPBD Sumsel, Iriansyah di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan, memasuki musim penghujan sekarang ini, maka harus berhati - hati terutama akan terjadinya banjir dan longsor.

Ada beberapa daerah yang rawan banjir terutama wilayah rendah dan dialiri sungai.

Dia mengatakan, daerah rawan banjir antara lain Ogan Ilir, Banyuasin, Muaraenim dan Musi Banyuasin.

Sementara daerah rawan longsor antara lain Pagaralam, Lintang Empat Lawang, Ogan Komering ulu Selatan.

"Jadi daerah rawan tersebut harus diwaspadai sehingga bila ada bencana dapat diantisipasi, ujar Iriansyah

Memang, lanjut dia, pihak BPBD kabupaten dan kota tetap siaga usai Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dibubarkan.

Dengan Satgas Karhutla dibubarkan, maka antisipasi dan pencegahan serta penanggulangan bencana dilaksanakan di kabupaten dan kota.

Dia mengatakan, oleh karena itu kabupaten dan kota terus siaga terutama dalam mengantisipasi terjadinya bencana seperti banjir termasuk tanah longsor saat musim penghujan.

Selain itu juga rutin berkoordinasi dengan instansi terkait seperti diantaranya Dinas PU dan Dinas Sosial setempat terutama pengadaan alat berat dan bantuan bila terjadi bencana seperti longsor termasuk banjir.

"Antisipasi sejak dini cukup penting karena bila terjadi bencana dapat secepatnya ditanggulangi" kata Iriansyah.