Muhammadiyah Ogan Komering Ulu budidayakan lele

id lele,ikan lele,budidaya lele,berita sumsel,beirta palembang,antara sumsel,berita palembang

Muhammadiyah Ogan Komering Ulu budidayakan lele

Dokumnetasi- Petambak menunjukkan salah satu hasil panen lele. (ANTARA FOTO/ Feny Selly)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membudidayakan peternakan ikan lele dengan sistem ozonisasi.

Menurut Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Ogan Komering Ulu (OKU), Arda Anggara di Baturaja, Jumat bahwa sejumlah anggota angkatan muda ormas tersebut sedang membudidayakan peternakan ikan lele dengan sistem ozonisasi.

Dia mengungkapkan, saat ini Ormas Pemuda Muhammadiyah wilayah setempat sudah memiliki dua kolam produktif untuk membudidayakan ikan lele jenis organik.

"Setiap kolam dapat menampung 2.000 ekor bibit ikan lele," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut dilakukan guna memberikan pembekalan bagi seluruh kader agar dapat menciptakan peluang usaha dari hasil budidaya ikan lele.

Selain itu budi daya lele juga dinilai bermanfaat untuk anggota ormas agar hidup mandiri karena dapat mengahsilkan uang dari menjual hasil panen ikan.

"Seperti pesan pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan bahwa Hidupilah Muhammadiyah, Jangan Mencari Hidup di Muhammadiyah," ungkapnya.

Hasil budi daya lele ozonisasi ini juga lanjutnya, dinilai lebih menguntungkan karena masa panen ikan lebih cepat dilakukan dan tidak harus menggunakan lahan yang luas untuk pengembangannya.

"Bahkan dalam waktu tiga bulan ikannya sudah bisa dipanen," ujarnya.