KPU: Kotak suara transparan sedang proses lelang

id kotak suara,berita sumsel,berita palembang,Aspahani,Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan,Logistik Pemilu 2019,lelang kotak suara

Dokumentasi- Sejumlah pekerja merangkai kerangka kotak suara. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Aspahani menyatakan kotak suara transparan yang akan digunakan pada Pemilu 2019 saat ini sedang proses lelang.

"Logistik Pemilu 2019 sekarang ini sedang proses lelang di KPU RI," kata Aspahani di Palembang, Selasa.

Menurut dia, setelah selesai logistik itu akan diserahkan ke KPU kabupaten dan kota di Sumatera Selatan terutama kotak suara dan bilik suara, sedangkan surat suara, belum.

Jadi, semuanya lagi proses lelang dan nanti dikirim dalam waktu sebelum Desember 2018 sudah dikirim semua, katanya.

Ia mengatakan, kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019 semuanya baru, karena ada perubahan dengan yang lama berupa transparan.

Semua kotak suara diganti sesuai dengan kebutuhan sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Sumatera Selatan.

Jumlah TPS sebanyak 25.222 TPS dan lima kotak suara per TPS semuanya baru. Lebih jauh ia menuturkan, yang sudah dilelang pertama kali itu kotak suara dan bilik suara, kalau untuk kekurangan penambahan ada adendum lelang nantinya.

Sekarang sedang proses lelang dan berdasarkan KPU dibawah Desember 2018 sudah ada sistem pengiriman, tapi diutamakan di daerah-daerah yang jauh.

Kotak suara yang lama kemungkinan sifatnya dipelihara kemungkinan ada hal-hal mendesak ataupun darurat dipakai menampung dokumen-dokumen saja, sedangkan hasil surat suara gunakan yang baru.

Sebanyak 25.222 TPS dikali lima karena ada lima jenis pemilihan pada pemilu 2019, katanya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar