Dorong warga gemar makan ikan

id makan ikan,gemar makan ikan,ikan,pemkab oku,kabupaten oku, ogan komering ulu

Dorong warga gemar makan ikan

Kepala Disnakan OKU, Tri Aprianingsih saat menggelar Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Baturaja, Kamis. (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana/I016/18)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendorong warga di wilayah itu untuk gemar makan ikan secara teratur dalam jumlah yang tepat agar terbentuk masyarakat Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas. 

"Karena ikan mengandung banyak gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan perkembangan dan membangun kecerdasan serta daya tahan tubuh," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ogan Komering Ulu (OKU) Tri Aprianingsih saat menggelar sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Baturaja, Kamis.

Dalam laporannya, Tri menyampaikan kegiatan Gemarikan ini merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan RI sejak tahun 2006.

Kegiatan ini merupakan suatu gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang tepat agar terbentuk masyarakat indonesia yang sehat, kuat dan cerdas.

Menurut dia, tujuan kegiatan Gemarikan ini dilaksanakan dalam rangka mengajak lapisan masyarakat terutama anak-anak generasi penerus bangsa untuk gemar makan ikan.

"Mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan anak-anak. Selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan konsumsi ikan ditengah masyarakat," jelasnya.

Dia mengemukakan, angka konsumsi ikan di OKU pada 2016 berada di level kuning atau sedang dengan tingkat konsumsi sekitar 34,06 kilogram (kg)/kapita/tahun.

"Sedangkan target nasional harus level hijau yakni 45 kg/kapita/tahun. Kita harus punya program khusus yang dapat menigkatkan konsumsi ikan dimasyarakat, salah satunya dengan digelarnya sosialisasi ini yang melibatkan para pelajar mewakili sekolah masing-masing ditambah guru pendamping serta organisasi kewanitaaan seperti TP PKK dan GOW," kata dia.

Dia berharap, para peserta kegiatan tersebut nantinya dapat mensosialisasikan kembali gemar makan ikan di sekolah masing-masing agar pelajar lainnya dapat termotivasi untuk mengkonsumsi ikan," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten II Setda OKU, Fahrudin Rozi yang membacakan sambutan tertulis bupati setempat menyampaikan, kegiatan ini penting untuk mengembangkan budidaya konsumsi makanan yang bergizi dan berkualitas dalam hal ini adalah protein hewani berasal dari ikan.

"Kepada anak-anakku marilah sejak dini tanamkan dalam diri kalian untuk gemar makan ikan, karena ikan mengandung banyak gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan perkembangan dan membangun kecerdasan serta daya tahan tubuh," ujar dia.

Diakui Fahrudin, kebutuhan bahan pangan berupa ikan di daerah OKU sebagian besar masih disuplai dari daerah lain sehingga langkah konkret untuk meningkatkan produktifitas hasil perikanan perlu terus diaktualisasikan secara optimal.

"Namun potensi perikanan darat dalam arti perairan sungai dan perairan buatan sebagai habitat pengembangan ikan masih bisa kita andalkan" ujarnya.