Komunitas pecinta kucing sosialisasikan "Stop Animal Abuse"

id kucing,stop anemal abuse,pecinta kucing,berita sumsel,berita palembang,Cat Lover Kandis,Stop Animal Abuse,penyiksaan kucing,berita antara

Komunitas pecinta kucing sosialisasikan "Stop Animal Abuse"

kucing. (Youtube)

Siak (ANTARA News Sumsel) - Komunitas Pecinta Kucing Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau menyosialisasikan "Stop Animal Abuse" atau penghentian kekerasan dan penyiksaan terhadap hewan.

"Kekerasan pada hewan terutama di kota besar sangat memprihatinkan. Untuk itu kami mengajak masyarakat untuk berhenti menyiksa dan menelantarkan hewan terutama kucing," ujar salah satu anggota Cat Lover Kandis, Nadia di Taman Sri Mayang Telaga Sam Sam, Kandis, Sabtu.

Dia mengatakan, CLK (Cat Lover Kandis) sebagai wadah informasi dan diskusi seputar permasalahan kucing, serta menambah pemahaman mengenai perawatan dan penanganan kucing.

"Sebagai anggota saya merasa terbantu, karena dapat berbagai informasi terkait permasalahan kucing. Selain itu kami juga saling berbagi info tentang kontes kecantikan kucing," ujarnya lagi.

Bukan hanya itu, mereka juga memberikan bantuan melalui donasi yang dikumpulkan untuk kucing-kucing jalanan yang terlantar seperti memberi makan dan memberikan pengobatan, meningkatkan tali persaudaraan antarpecinta kucing, serta menjadi komunitas yang terbuka dengan segala bentuk kerja sama antarkomunitas.

Pada aksi kampanye dan sosialisasi tersebut, komunitas itu juga memberikan edukasi tentang kepeduliaan dan kecintaan terhadap hewan piaraan seperti kucing.

Dokter Hewan Poskeswan Kandis, Drh Khairul Rizal menyebutkan, dalam memelihara hewan harus memperhatikan lima prinsip kesejahteraan hewan itu sendiri. Diantaranya bebas dari rasa haus dan lapar, kenyamanan dan terhindar dari penyiksaan fisik. Bebas dari rasa sakit, cedera dan penyakit, bebas untuk mengekspesikan perilaku alamiah dan bebas dari ketakutan dan rasa tertekan.

"Walaupun di Kandis kekerasan terhadap kucing tidak sebanyak di kota besar, namun sosialisasi ini dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap hewan dan melakukan pencegahan melalui kampanye seperti ini," ungkap dia.