PLN bantah kekurangan daya listrik

id PLN,listrik padam,listrik,korsleting,linggau,PLN lubuklinggau,viral,populer,sumsel,palembang,info,berita

PLN bantah kekurangan daya listrik

Ilustrasi (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana/18)

Lubuklinggau (ANTARA News Sumsel) - Padamnya listrik baik pada siang dan malam hari secara mendadak, di sebagian daerah Kota Lubuklinggau akhir-akhir ini diklaim PLN karena faktor alam.

"Untuk pasokan listrik kita cukup, namun yang menjadi kendalanya adalah faktor alam," kata manager Pln Rayon Lubuklinggau Arham, Rabu (5/9).

Dikatakannya, kapasitas listrik untuk wilayah Kota Lubuklinggau sebanyak 90 megawatt, dan pasokan keseluruh wilayah kota sebanyak 39 megawatt, artinya jumlah kapasitas lebih sekitar 51 megawatt.

Menurutnya PLN tidak pernah memadamkan listrik dengan sengaja, sebab menurutnya apabila PLN memadamkan listrik jelas akan berdampak kerugian.

"Padamnya listrik yang terjadi di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat 1 kemarin malam, itu dikarenakan ada hewan yang kesetrum arus listrik," katanya.

Sehingga apabila listrik mengalami korsleting, secara otomatis listrik akan padam dengan sendirinya, untuk mengatasi padamnya listrik, pihaknya harus menelusuri kabel-kabel dalam kondisi gelap guna mencari asal korsleting, dan ini membutuhkan waktu.

"Sepanjang jalur listrik yang padam kita telusuri secara perlahan, ditambah dengan kondisi yang gelap kita harus menggunakan lampu senter untuk mencarinya," ungkapnya.

Tidak hanya itu itu, terkadang pohon  tumbang, sambaran petir yang disertai hujan, apabila kondisi ini terjadi petugas harus turun langsung meski hujan deras dan gelap.

Tali layangan  juga menurutnya yang menjadi penyebab padamnya listrik, dengan kondisi tali layangan yang melilit di kabel pihaknya harus membersihkannya, jadi apabila listrik padam secara mendadak dikatakannya itu disebabkan akibat dari faktor alam dan tidak ada kesengajaan.