Penghuni Rutan Baturaja membludak

id rutan, lebih kapasitas, penuh, palembang, baturaja

Penghuni Rutan Baturaja membludak

Dok. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol/17)

Baturaja (ANTARA News Sumsel ) - Penghuni Rumah Tanahan Baturaja Klas IIB Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membludak  melebihi kapasitas atau daya tampung warga binaan di lembaga pemasyarakatan setempat.

Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Herdianto di Baturaja, Senin mengatakan, saat ini rutan menampung sebanyak 445 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan tahanan titipan. 
   
"Jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak dari kapasitas sebenarnya yang hanya mampu menampung sekitar 250 orang WBP," katanya.  
   
Untuk mengurangi over kapasitas di Rutan Baturaja pihaknya terpaksa memindahkan puluhan WBP ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) lain. 
   
Dia mengemukakan, sebanyak 25 warga binaan dipindahkan ke Rutan klas IIA Kabupaten Lahat agar kondisi di dalam Rutan Baturaja tetap kondusif.
   
"25 orang warga binaan kami kirim ke UPT di Rutan Lahat menggunakan mobil tahanan dan dikawal ketat petugas," ungkapnya.
   
Warga binaan yang dipindahkan tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau vonis kurungan penjara di atas lima tahun. 
   
Selain itu, pihaknya juga mengirimkan WBP yang tidak disiplin atau berkelakuan kurang baik selama menjalani hukuman di Rutan Baturaja.
 
"Kami juga mengirim WBP ke Rutan Prabumulih baik yang bermasalah dengan disiplin maupun menjalani hukuman lebih dari lima tahun," tambahnya.