Perputaran uang di Sumsel Expo Rp12 miliar

id Sumsel expo,Uang,Investasi,Umkm

Perputaran uang di Sumsel Expo Rp12 miliar

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengunjungi stan BKKBN di Sumsel Expo Jakabaring, Kamis (16/8) (ANTARA News Sumsel/BKKBN/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Penyelenggaraan Sumsel Expo 2018 mencatatkan Rp12 miliar lebih perputaran uang selama 10 hari pelaksanaan di komplek Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan. 

"Kami juga mencatat jumlah pengunjung yakni 231.000 orang lebih selama 18-25 Agustus pelaksanaan Sumsel Expo, tentu ini menjadi yang terbesar dalam sejarah penyelenggaraan Sumsel Expo," kata Kepala Dinas Perindustrian Sumsel Ernila Rizar usai penutupan Sumsel Expo, Sabtu. 

Menurutnya Rp12 Miliar tersebut melebihi yang pihaknya targetkan yakni Rp10 Miliar, peningkatan tersebut turut di stimulus oleh Asian Games 2018 dimana pergerakan pengunjung selalu ramai bahkan sampai hari terakhir. 

Dia menjelaskan keikutsertaan 467 stand Sumsel Expo sangat diuntungkan dengan keberadaan JSC sebagai pusat penyelenggaraan Asian Games di Palembang selain dari kedatangan beberapa artis ibu kota selama pelaksanaan yang turut memicu keramaian pengunjung. 

Pihaknya sendiri memantau sektor produk paling laris diduduki pernak-pernik Asian Games, kemudian di susul sandang dan pangan, produk-produk yang dipamerkan sendiri sudah ada peningkatan kualitas produk dari sisi standarisasi, lanjutnya. 

"Saya melihat produk di Sumsel Expo sudah memenuhi standar baik dari sisi kualitas, keunikan sampai kemasan, standarisasi memang selalu kami dorong agar produk-produk IKM sumsel bisa lebih baik promosinya," ujar Ernila Rizar. 

Sementara Asisten Gubernur bidang Administrasi Umum Edward Juliarta mengatakan hasil yang dicapai Sumsel Expo sesuai dengan prediksi  beberapa pihak yang meyakini Asian Games punya dampak untuk peningkatan sektor ekonomi. 

"Sumsel Expo memang diharapkan punya dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi dan salah satu kredit poin karena lokasinya berdekatan dengan JSC, yang terpenting adalah Sumsel Expo dapar menjadi etalase pesona produk IKM di slSumsel," ungkap Edward. 

Ia menambahkan suksesnya Sumsel Expo melampaui target perputaran uang akan turut merealisasikan prediksi Bappenas yang menyatakan Palembang kebagian Rp1,1 Triliun dari Rp3 triliun uang yang berputar selama penyelenggaraan Asian Games.