BPJS Ketenagakerjaan gelar program desa sadar jaminan sosial

id bpjs,bpjs ketenagakerjaan,bupati mura,musi rawas

BPJS Ketenagakerjaan gelar program desa sadar jaminan sosial

Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan dan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sumbagsel Arief Budiarto memberikan santunan di Desa Megang Sakti II Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas, Rabu (15/8) (ANTARA News Sumsel/Marjamin/Erwin Matondang/18)

Musi Rawas (ANTARA News Sumsel) -  Desa Megang Sakti II Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan diresmikan menjadi desa sadar Badan Penyeleggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

"Program desa sadar jaminan sosial ini merupakan inovasi dari  BPJS Ketenagakerjaan untuk bekerjasama dengan aparat desa dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pekerja didesa agar lebih memahami manfaat dari program BPJS ketenagakerjaan," kata Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Lubuklinggau Agus Teodorus PM, Rabu (15/8).

Ia menambahkan, Desa Megang Sakti II terpilih menjadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan karena telah memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan, diantaranya telah terdaftar kepala desa dan perangkatnya pada program BPJS Ketenagakerjaan.

Agus menambahkan pihaknya mengapresiasi atas kepedulian pemerintah kabupaten Musi Rawas kepada masyarakat terkhusus perangkat desa.

"Bupati Musi rawas menganggarkan 3.998 perangkat desa di 186 desa yang ada dikabupaten Musi Rawas dilindungi program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian  BPJS Ketenagakerjaan. Terimakasih kepada bupati yang telah membuat peraturan tentang jaminan soaial, sehingga perangkat desa bisa memiliki BPJS Ketenagakerjaan," katanya.

Ia mengatakan untuk saat ini ada 88 desa dengan 1.878 jumlah perangkat desa yang telah terdaftar, sehingga sisa 98 desa  yang belum mendaftarkan diri di BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan mengatakan bangga dengan peresmian desa Mengang Sakti II sebagai desa sadar BPJS-Ketenagakerjaan, hal ini terwujud berkat kesadaran kepala desa dan perangkatnya akan manfaat program BPJS ketenagakerjaan.

"Desa Megang Sakti II ini paling hebat di Musi Rawas, karena yang paling pertama memiliki BPJS Ketenagakerjaan, ini juga momentum yang bagus untuk menebar virus positif dengan mendorong desa - desa lain akan pentingnya BPJS Ketenagakerjaan," kata Hendra.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas berharap seluruh desa dapat merasakan program BPJS Ketenagakerjaan.