Warga antusias sambut obor Asian Games di Kampung Al Munawar

id kampung al munawar,obor asian games,kirab obor,asian games,astra,pt astra,kampung berserti astra

Warga antusias sambut obor Asian Games di Kampung Al Munawar

Head of Corporate Communication PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (empat kanan), Ketua Astra Grup Palembang Nico Kwee, Sekretaris daerah Kota Palembang Harobin Mustofa (tiga kanan),Kepala Dinas Olahraga Palembang Ahmad Zazuli (kanan), dan tokoh masyarakat Al Munawar Habib Ahmad Alkaf (dua kanan) berfoto bersama di panggung "Kampung Berseri Astra Al Munawar" Palembang, Sumsel, Sabtu (4/8). (ANTARA News sumsel/Feny Selly/Ang/18)

,,,,Astra mendukung pawai obor keliling Asian Games berkeliling ke seluruh Indonesia, kami fokus di 10 kota dan Palembang adalah kota ke delapan....
 Palembang (ANTARA Sumsel) - Ribuan warga kampung Al Munawar antusias menyambut kirab obor Asian Games 2018 yang singgah sejenak di kampung yang menjadi salah satu destinasi wisata sejarah Kota Palembang itu, Sabtu.

"Saya sengaja datang dari seberang kuto untuk lihat kedatangan obor," ungkap Fahmi salah satu warga keturunan Arab yang menyeberang sungai ke kampung Al Munawar.

Sama halnya dengan Alaydrus yang kediamannya tak jauh dari Kampung Al Munawar sengaja mengajak istri dan anaknya untuk menjadi saksi sejarah singgahnya obor Asian Games.

"Rekreasi dengan anak dan istri  sekaligus jajal alat fotografi," ujar pria yang juga bekerja di Kantor Kementerian Agama Wilayah Sumsel ini.

Kampung Al Munawar sendiri merupakan perkampungan warga keturunan Arab yang telah berusia ratusan tahun. Kampung ini dipilih menjadi salah satu perlintasan karena menarik dan berlokasi di pinggir Sungai Musi.

"Al Munawar sangat berbeda karena lokasi sungainya dan menarik untuk ditonton," Ungkap  Head of Corporate Communication PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto di sela kegiatan.

Tidak hanya itu Kampung Al Munawar juga juga dianggap sebagai kampung budaya yang dikembangkan dari sisi pendidikan, budaya, lingkungan, dan wirausaha lewat program "Kampung Berseri Astra".
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ahmad Zazuli membawa obor di panggung Kampung Berseri Astra Al Munawar Palembang, Sabtu (4/8). Kampung berusia ratusan tahun Al Munawar dipilih sebagai salah satu perlintasan obor Asian Games  di Kota Palembang. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/18

"Kami memilih kampung ini dari survey social mapping yang diadakan rekan grup Astra di Palembang dengan tujuan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan empat pilar Astra," papar Boy.

Pemberdayaan kampung ini dijelaskannya  juga melibatkan tokoh masyarakat setempat untuk menjadi motivator dengan tujuan pengembangan masyarakat.

"Besar harapan kami kampung ini akan menjadi contoh bagi kampung lain untuk berkembang," tambahnya.

Astra bersinergi dengan kampung Al Munawar mewujudkan "Kampung Berseri Astra" yang turut mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang.

"Astra mendukung  pawai obor keliling Asian Games berkeliling ke seluruh Indonesia, kami fokus di 10 kota  dan Palembang adalah Kota ke delapan," terangnya.

Selama pelaksanaan Asian Games Kampung Al Munawar bersama Astra menggelar panggung budaya yang menampilkan aneka kesenian tradisional seperti hadroh dan gambus khas Arab.

Obor Asian Games yang dibawa menyusuri Sungai Musi tiba di Kampung Al Munawar sekitar pukul 15.30 WIB dengan pembawa obor Kepala Dinas Olahraga Kota Palembang Ahmad Zazuli yang kemudian diserahkan kepada tokoh masyarakat Kampung Al Munawar Habib Ahmad Alkaf.

Api kemudian dibawa ke panggung dan disulut oleh Head of Corporate Communication PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto untuk penyalaan api obor Asian Games.

Obor yang telah menyala kemudian diserahkan kepada  Ketua Astra Grup Nico Kwee untuk diarak menuju Rumah Pintar Kampung Berseri Astra (KBA).

Prosesi arak-arakan obor di Al Munawar berakhir dengan dibawanya obor kembali ke sungai dan menyusuri Sungai Musi menuju Benteng Kuto Besak untuk selanjutnya dibawa menuju rumah Dinas Wali Kota Palembang.