Lagu tema Asian Games libatkan musik tradisional

id Ryan D'Masiv,group band d'masiv,lagu asian games,musik tradisional,lirik lagu asian games,inasgoc,eric tohir

Lagu tema Asian Games libatkan musik tradisional

Arsip - Group Band D'Masiv hibur penonton pada penutupan Turnamen Bulu Tangkis Indonesia Terbuka Grand Prix Gold 2012 di Palembang Sport and Convention Center, Minggu (30/9). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

....Lagu tersebut memang melibatkan seorang musisi tradisional yang bisa main beberapa alat untuk mengisi bagian tersebut...
Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Lagu tema Asian Games 2018 berjudul "Bright As The Sun" (Terang Seperti Matahari) melibatkan musik tradisional.

Hal itu disampaikan pencipta lagu tersebut, Ryan Ekky Pradipta atau Ryan D'Masiv, di Jakarta, Jumat.

Ditengah lagu bergenre pop tersebut diisi dengan bunyi-bunyian alat musik tradisional seperti suara suling, kendang, dan kecapi.

Kaloborasi agar para pendengar khususnya dari luar Indonesia dapat mengenal musk tradisional Indonesia.

"Lagu tersebut memang melibatkan seorang musisi tradisional yang bisa main beberapa alat untuk mengisi bagian tersebut," kata Ryan yang menciptakan lagu tersebut bersama rekan satu band-nya, Rama.

Lagu yang diisi 18 penyanyi tersebut diakui Ryan pengerjaannya sangat singkat, hanya sekitar dua hari. Oleh sebab itu diapun sempat kesulitan mencari 18 penyanyi yang dapat berpartisipasi dalama lagu itu.

"Jadi pada 2017, kami dikasih waktu empat hari sebelum hitung mundur Asian Games. Saya cukup kesulitan untuk mencari 18 penyanyi yang jadwalnya bisa disesuaikan untuk rekaman. Alhamdulillah akhirnya kami bisa mendapatkan penyanyi yang jadwalnya sesuai," ujar Ryan.

Dia mengatakan lagu tersebut mengandung pesan persahabatan, persatuan dan sportivitas. Tak hanya itu lagu tersebut juga bentuk dukungan kepada para atlet untuk terus berjuang menjadi pemenang.

Liriknya, ditulis oleh lima musisi, diantaranya Ryan, Rama, Iran dari The Samsin, Ade Govinda dan Nino RAN.

"Saya sengaja mengajak teman-teman lainnya agar energi kebersamaan yang menjadi tujuan dari lagu tersebut dapat terasa. Jadi kami ingin lagu tersebut dapat menjadi contoh bagi negara lain bahwa Indonesia dapat menyatukan perbedaan," kata Ryan.

Sementara itu Ketua INASGOC Eric Tohir mengatakan Asian Games tidak hanya tentang kompetisi dan olahraga saja, tetapi melalui ajang tersebut Indonesia harus dapat mempromosikan budayanya kepada dunia.

"Tujuan Asian Games tidak hanya penyelenggaraan serta prestasi yang baik, tetapi juga promosi budaya, baik musik, makanan dan citra positif Indonesia di mata dunia," kata dia.