Petugas adakan simulasi layanan haji

id haji,pelayanan haji,umbrah,berita sumsel,berita palembang,petugas haji

Petugas adakan simulasi layanan haji

Arsip- Jamaah Haji mengikuti rangkaian manasik Haji. (ANTARANews Sumsel/I016)

Jakarta (ANTARA  News Sumsel) - Peserta pelatihan petugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 1439H/2018M akan mengadakan gladi posko atau simulasi pelaksanaan seluruh layanan jamaah haji saat berada di Arab Saudi.

Kepala Seksi Pelatihan Petugas Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Syarif Rahman, mengatakan gladi posko digelar pada hari Ahad (3/6). Menurutnya, gladi posko dilakukan guna memberikan gambaran pelaksanaan tugas di lapangan sesuai bidang masing-masing.

Selain itu, gladi dimaksudkan untuk menggali kreativitas petugas pada saat menghadapi situasi yang terjadi dilapangan.

"Tujuannya memberikan gambaran pelaksanaan tugas di lapangan untuk menghadapi situasi yang terjadi dilapangan nantinya," ujar Syarif seperti dikutip di laman Kemenag, Jakarta.

Berbeda dengan sebelumnya, gladi posko tahun ini didesain lebih serius. Panitia menyiapkan figuran yang berperan sebagai jemaah. Fasilitas yang digunakan juga lebih lengkap agar lebih menggambarkan kondisi sebenarnya.

Skenario yang dikembangkan, peserta pelatihan tetap berperan sebagai petugas sesui bidang dan wilahnya.

"Jadi tahun ini para petugas tetap akan berperan sebagai petugas di masing-masing posnya dan akan ada talent-talent yang berjumlah 50 orang yang akan berperan sebagai jemaah haji," kata Syarif.

Di samping itu, lanjutnya, setiap tahapan pada gladi posko tahun ini diberikan penjelasan praktik pelaksanaan tugas sebagaimana teori dalam kelas pendalaman.

"Dengan demikian gladi posko tahun ini lebih dapat memberikan gambaran kepada petugas utamanya petugas yang belum pernah punya pengalaman sebagai petugas haji," katanya.

Gladi posko sendiri akan dimulai sekitar pukul 07.30 WIB, setelah dilakukan apel pagi.