Pemkab OKU peroleh opini WTP

id wtp,pemkab oku,oku terima wtp,bpkp sumsel,bpk,humas pemkab oku

Pemkab OKU  peroleh opini WTP

Ilustrasi - Laporan keuangan pemerintah saat diaudit BPK untuk mendapatkan opini WTP (Antaranews.com)

Baturaja  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan perwakilan Sumsel berdasarkan hasil pemeriksaan keuangan pemerintahan daerah setempat tahun anggaran 2017.

"Alhamdulillah predikat opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun anggaran 2017 kembali diraih Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Pemkab OKU)," kata Kabag Humas Setda OKU Ridwan melalui Kasubag Dokumentasi dan Informasi, Dede Fernandes di Baturaja, Sabtu.

Dia mengemukakan, predikat WTP tersebut merupakan penghargaan yang ketiga kalinya diraih Pemkab OKU sejak 2015, 2016 dan tahun anggaran 2017 dari hasil pemeriksaan keuangan daerah oleh BPK.

"Sudah ketiga kalinya Pemkab OKU mendapat sekaligus mempertahankan predikat WTP ini," ungkapnya.

Dapat diraihnya penghargaan WTP membuktikan bahwa Kabupaten OKU mampu melaksanakan pengelolaan keuangan secara transparan, efektif, efisien dan akuntabel.

"Dengan begitu apa yang menjadi target bisa tercapai," katanya.

Diakuinya, untuk meraih penghargaan tersebut tidaklah mudah karena diperlukan komitmen bersama dan kerja keras dari seluruh jajaran di lingkungan Pemkab OKU.

"Seluruh badan dan instansi maupun kantor di bawah naungan Pemkab OKU bersinergi dalam menciptakan pengelolaan keuangan yang transparan.

Dia menjelaskan, penilaian BPK didasari beberapa kriteria antara lain seperti kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektivitas Sistem Pengendalian Intern.

"Predikat opini WTP ini buah dari kerja keras dan komitmen seluruh jajaran Pemkab OKU khususnya dalam pengelolaan keuangan dan tentunya prestasi ini diberikan untuk masyarakat serta pemangku kepentinga yang terlibat di dalamnya," ujarnya.