Panwascam luncurkan komik pengawas cerdas

id panwascam,panwascam oku,komik,komik pengawas cerdas,panwas

Panwascam luncurkan komik pengawas cerdas

Launching buku komik Pengawas Cerdas (ANTARA News Sumsel/Edo Purnama/Ang/18)

....Buku Komik Pengawas Cerdas ini diluncurkan sebagai upaya memaksimalkan peran aktif masyarakat khususnya pemilih pemula agar ikut andil dalam mengawasi jalannya proses Pilkada Sumsel 2018....
Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Panitia Pengawas Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, meluncurkan komik pengawasan cerdas guna memaksimalkan peran aktif masyarakat di wilayah itu untuk ikut andil dalam mengawasi jalannya proses Pilkada Sumsel 2018.

"Buku Komik Pengawas Cerdas ini diluncurkan sebagai upaya memaksimalkan peran aktif masyarakat khususnya pemilih pemula agar ikut andil dalam mengawasi jalannya proses Pilkada Sumsel 2018," kata Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Lubuk Raja, Ogan Komering Ulu (OKU), Feru?di Baturaja, Minggu.

Peluncuran Komik Pengawas Cerdas karyanya sendiri tersebut pada Minggu dibalut dengan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif pemilihan yang dihadiri Ketua Panwaslu OKU Anggi Yumarta, Camat Lubuk Raja, Kapolsek, KUA, Tim pasangon calon dan seluruh Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Lubuk Raja.

Dia mengatakan, tujuan kegiatan dan launching komik yang bertajut Pengawas Cerdas ini adalah suatu bentuk penguatan lembaga serta menciptakan demokrasi bermartabat dengan cara mencerdaskan seluruh lapisan masyarakat di wilayah itu.

"Termasuk tokoh agama, pemuda, serta mahasiswa, karang taruna dan pramuka yang telah menjadi sahabat dan mitra Bawaslu," katanya.

Komik ini kata dia, baru dicetak beberapa buku karena pihaknya saat ini terkendala anggaran untuk mencetak dalam jumlah yang besar.

"Sebenarnya kami merencanakan mencetak sebanyak 5.000 buku komik yang akan dibagikan kepada masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu OKU Anggi Yumarta mengatakan mengapresiasi kreatifitas Panwascam Lubuk raja yang telah dituangkan kedalam Buku Komik dengan Tajuk Pengawas Cerdas.

"Saya bangga, selaku ketua hari ini saya setujui untuk launching komik ini, dan kreatifitas ini akan saya bawa ke Bawaslu Provinsi Sumsel," kata dia.

Menurut dia, sosialisasi ini adalah salah satu bentuk pendidikan politik guna terwujud demokrasi yang bermartabat.

"Lembaga Bawaslu ini tidak akan kuat tanpa adanya kerterlibatan tokoh masyarakat, agama, pemuda, mahasiswa, karang taruna dan pramuka untuk bersama-sama mengawasi jalannya proses pilkada di Kecamatan Lubuk Raja khususnya dan Provinsi Sumatera Selatan pada umumnya," ujarnya.