Gubernur Bengkulu tinjau jalan jelang arus mudik

id Jalan, arus mudik, sidak, gubernur bengkulu, tinjau,rusak, jembatan

Gubernur Bengkulu tinjau jalan jelang arus mudik

Dok. (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

Bengkulu (ANTARA News Sumsel ) - Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, melaksanakan inspeksi mendadak ke sejumlah infrastuktur jalan dan jembatan di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur untuk memastikan pengerjaan jalan berjalan baik sebelum pelaksanaan arus mudik Lebaran 2018.

"Infrastruktur dasar berupa jalan dan jembatan menjadi salah satu prioritas pembangunan karena ini menjadi kebutuhan vital masyarakat," kata Rohidin di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan pembangunan jalan provinsi di dua wilayah kabupaten tersebut juga disinkronkan dengan rencana pembangunan jalan untuk konektivitas Bengkulu dengan provinsi tetangga, Sumatera Selatan.

Pembangunan jalan dari Muara Sahung Kabupaten Kaur menuju Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu prioritas untuk konektivitas kedua provinsi.

"Pelabuhan Linau di Kaur merupakan penyangga Pelabuhan Pulau Baai sehingga konektivitas darat ini diharapkan mampu meningkatkan ekspor melalui Linau," ucapnya.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu Oktaviano mengatakan pada 2018 pemerintah menganggarkan pembangunan jalan yang meneruskan dan terhubung ke pembangunan jalan tahun anggaran 2017.

"Ujung jalan yang dibangun 2017 menjadi titik nol kegiatan 2018. Jadi proyek jalan terus berlanjut hingga terhubung ke poros jalan utama," katanya.

Adapun proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kaur yang didanai APBD provinsi antara lain pembangunan jalan Simpang III Padang Guci - Air Kering - Padang Leban tahap pertama pada 2017 dan dilanjutkan tahap kedua para tahun ini.

Peningkatan Jalan Simpang III Padang Guci - Air Kering - Padang Leban yang dimulai pada 2017 dan ditargetkan tuntas pada 2019, pembangunan jalan Tanjung Kemuning Datar Lebar - Mentiring tuntas pada 2017.

Selanjutnya peningkatan jalan Datar Lebar - Mentiring via Kecamatan Kinal dianggarkan pada 2018, pembangunan jembatan gantung Desa Gunung Kaya Kecamatan Padang Guci Hilir pada 2018, relokasi Jalan Tanjung Iman - Muara Sahung - Air Tembok pada 2018 dan peningkatan Jalan Tanjung Iman - Muara Sahung - Air Tembok di perbatasan Sumatera Selatan ditargetkan tuntas pada 2019.