DPRD gelar paripurna istimewa HUT Sumsel ke-72

id dprd,rapat paripurna istimewa,hut provinsi sumsel,gubernur sumsel,ketua dprd sumsel,mendagri

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo (tengah) bersama Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kiri), dan Plt Ketua DPRD Sumsel Uzer Effendi (kanan) berpose usai penyerahan penghargaan pada Rapat Paripurna Istimewa XIX DPRD Sumsel dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Sumsel ke-72 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumsel, Palembang, Rabu (23/5). ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

....Saya kira impian Alex Noerdin 10 tahun menjabat gubernur mewujudkan Sumsel dari sisi peningkatan kualitas sumber daya alam, sumber daya manusia, mempercepat pemerataan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - DPRD Sumatera Selatan menggelar rapat paripurna istimewa XIX dengan agenda memperingati hari jadi ke-72 Provinsi Sumatera Selatan yang dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Rapat paripurna istimewa tersebut dipimpin oleh Plt Ketua DPRD Sumsel H Uzer Effendi yang didampingi Wakil Ketua M Yansuri dan Kartika Sandra Desi di Palembang, Rabu.

Hadir pula pada kesempatan itu Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, anggota DPR RI dan anggota DPD RI asal Sumsel serta pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel dan undangan lainnya.

Plt Ketua DPRD Sumsel H Uzer Effendi pada kesempatan itu mengatakan berdasarkan Perda No. 5 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Sumsel telah ditetapkan tanggal 15 Mei merupakan hari jadi Sumsel.

Peringatan yang dilaksanakan dalam bentuk rapat paripurna istimewa ini merupakan wujud ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, karena dengan kesadaran dan semangat kebersamaan sesuai motto "Sumatera Selatan Bersatu Teguh".

Menurut dia, sebagai negara modern pada waktu itu dan telah menetapkan batas wilayah kekuasaan yakni zaman Sultan Abdulrahman yang menguasai sebagian wilayah Sumsel yang sekarang, termasuk Jambi yaitu Tembesi, sebagian daerah Bengkulu yakni Lebong dan sebagian daerah Lampung yakni Manggala/Tulang Bawang.
. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo hadir dalam Rapat Paripurna Hari Jadi Provinsi ke 72 di DPRD Sumsel (23/5) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)


Termasuk juga Pulau Bangka Belitung serta daerah Rejang Empat Petulai (Lebong) dan Belalau di sebelah Selatan Danau Ranau.

Pada waktu peralihan kekuasaan dari Kesultanan Palembang kepada Pemerintah Hindia Belanda, tidak jelas bagaimana batas-batasnya, karena pada waktu peralihan kekuasaan tersebut belum semua wilayah dikuasai Pemerintah Belanda karena masih ada perlawanan dari rakyat.

Dia menjelaskan, sudah banyak even-even internasional yang dilaksanakan di Provinsi Sumsel seperti SEA Games yang telah dilaksanakan dengan sukses, begitu juga dengan perhelatan Islamic Solidarity Games.

Konferensi Parlemen Negara-negara Islam di dunia, MTQ tingkat dunia di Sumsel, pekan olahraga tingkat mahasiswa se-ASEAN, kejuaraan tinju dunia memperebutkan piala Presiden dan pada 2018 ini Sumsel terpilih sebagai salah satu tempat perhelatan internasional penyelenggaraan Asian Games XVIII.

Untuk mendukung perhelatan Asian Games tersebut, diperlukan sarana dan prasarana yang baik dan Alhamdulillah pada 30 April 2015, Presiden RI telah meletakan batu pertama pembangunan jalan tol Palembang-Indralaya sepanjang lebih kurang 34 kilometer. Jalan ini merupakan jalan penghubung menuju jalan tol trans Sumatera yang direncanakan sepanjang 2.700 kilometer, ujarnya.

Wakil rakyat itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada gubernur dan wakil gubernur Sumsel serta para mantan gubernur, bupati, maupun wali kota se-Sumsel yang telah memajukan dan mengembangkan Sumsel.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan kemajuan Sumatera Selatan sebagai sebuah provinsi yang cukup pesat tidak hanya di Pulau Sumatera tapi juga di Indonesia.

Kemajuan itu tidak secara fisik tapi juga pertumbuhan ekonominya di atas rata-rata nasional.

"Saya kira impian Alex Noerdin 10 tahun menjabat gubernur mewujudkan Sumsel dari sisi peningkatan kualitas sumber daya alam, sumber daya manusia, mempercepat pemerataan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sampai mewujudkan icon bagi provinsi olahraga yang punya sarana dan prasarana yang berstandar internasional termasuk pelayanan masyarakatnya dari sisi RSUD, semuanya sudah diwujudkan dengan baik," katanya.
(ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Ia menyatakan, tinggal momentum ulang tahun-ulang tahun ke depan terutama dari hasil pilkada serentak 2018 ini harus diteruskan dengan baik.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada kesempatan itu mengatakan, keberhasilan yang sudah diraih provinsi ini, menurutnya, ratusan penghargaan sudah diraih provinsi tersebut.

Selain itu, Alex juga menyampaikan mengenai persiapan arena pertandingan olahraga Asian Games 2018 yang berada di kawasan Jakabaring Sport City.

Kemudian juga mengenai kereta layang ringan atau "Light Rail Transit" (LRT) di Palembang yang sudah diuji coba pada Senin (21/5) malam dan berjalan lancar serta sejumlah infrastruktur yang dibangun di Sumatera Selatan antara lain jalan tol, jembatan Musi IV dan Musi VI serta jembatan layang di simpang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang segera selesai.(Adv/susi)


 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar