Gubernur imbau masyarakat waspadai teroris

id gubernur,alex noerdin, waspadai teroris,teroris,alex imbau masyarakat,waspada teror

Gubernur Sumsel Alex Noerdin didampingi istri. (ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengimbau seluruh lapisan masyarakat di provinsi setempat  mewaspadai teroris yang akhir-akhir ini kembali beraksi di sejumlah daerah.

Teroris biasanya berbaur dengan masyarakat, karena itu perlu diwaspadai dengan meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal dan tempat aktivitas lainnya, kata Gubernur Alex Noerdin di Palembang, Rabu, menanggapi aksi teror bom di Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (13/5).

Menurut dia, biasanya masyarakat kurang memperhatikan siapa saja yang tinggal di sekitar rumahnya, apa pekerjaannya, dan melakukan aktivitas apa saja sehari-harinya.

Kurangnya kepedulian masyarakat bisa dimanfaatkan teroris untuk menjadikan kawasan permukiman penduduk sebagai tempat melakukan persiapan dan aksi teror yang dapat meresahkan masyarakat serta menimbulkan korban luka-luka bahkan meninggal dunia.

Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan, karena masyarakat yang kawasan permukimannya dijadikan tempat berkumpulnya teroris juga bisa menjadi terancam menjadi korban aksi kejahatan tersebut.

Untuk mempersempit ruang gerak dan mencegah teroris masuk ke wilayah Sumsel yang sekarang ini kondisi keamanan dan ketertiban masyarakatnya sangat kondusif, diperlukan peran serta masyarakat dengan meningkatkan kewaspadaan.

Ibu kota provinsi ini pada 2018 akan menjadi tuan rumah Asian Games bersama DKI Jakarta. Kondisi kamtibmas yang kondusif selama ini diharapkan dapat terus dipelihara dengan baik sehingga daerah ini akan selalu menjadi daerah tujuan penyelenggaraan berbagai kegiatan berskala nasional dan internasional, kata Alex.

Selumnya, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara juga mengimbau masyarakat di provinsi setempat agar meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah aksi teror.

"Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan karena bukan tidak mungkin di provinsi ini ada teroris yang mulai berbaur di tengah-tengah masyarakat dan merencanakan sejumlah aksi terornya," ujarnya.

Menurut kapolda, anggota polisi yang ada di daerah ini tidak mungkin mampu mengawasi setiap jengkal wilayah Sumatera Selatan yang terdiri dari 17 kabupaten/kota itu.

Peran masyarakat sangat besar dalam mencegah aksi teroris, jika melihat seseorang atau sekelompok orang yang tinggal di sekitar permukiman penduduk menunjukkan perilaku mencurigakan dan aneh, diminta untuk segera melaporkan kepada aparat kepolisian terdekat, kata jenderal polisi bintang dua itu.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar