738 unit rumah warga OKU Timur akan dibedah

id bedah rumah,rumah tak layak huni,pemkab oku timur bedah rumah,rumah warga kurang mampu,dinas perkim oku timur

738 unit rumah warga OKU Timur akan dibedah

Dokumen - Program bedah rumah (ANTARA FOTO)

Martapura (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 738 unit rumah tidak layak huni milik warga Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, pada tahun ini akan dibedah atau diperbaiki melalui program bedah rumah bantuan pemerintah pusat.

"Tahun ini sebanyak 738 rumah warga tidak layak huni di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur akan dibedah," kata Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman OKU Timur Herwan di Martapura, Sabtu.

Dia mengatakan, ratusan rumah warga kurang mampu yang mendapat bantuan tersebut tersebar di 11 kecamatan di OKU Timur antara lain Kecamatan Semendawai Timur dan Buay Madang Timur.

Dua kecamatan ini kata dia, menempati urutan teratas karena masih banyak rumah yang dimiliki penduduk setempat tidak layak huni sehingga perlu diperbaiki.

Dia menjelaskan, nantinya warga penerima bantuan tersebut dapat mengambil bahan material di toko bangunan yang telah ditunjuk pemerintah untuk memperbaiki rumahnya.

"Jadi warga penerima tidak dibantu dalam bentuk uang melainkan berbentuk bahan material," jelasnya.

Dana bantuan program bedah rumah tersebut langsung ditransfer pemerintah ke rekening pemilik toko bangunan yang dinyatakan lulus verifikasi.

Untuk pengerjaan perbaikan rumah tidak layak huni akan dilakukan tukang lokal dan dibantu masyarakat setempat secara bergotong royong.

"Selain itu saat proses perbaikan juga ada tim pendamping lapangan. Pemilik rumah hanya menyediakan makanan untuk konsumsi saja," ujarnya.