Ribuan ton beras dijual murah

id Operasi pasar, beras, jual murah, perum bulog, sumsel babel

Ribuan ton beras dijual murah

Dok. Pendistribusian beras medium untuk operasi pasar. (ANTARA Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 6.652 ton beras dijual murah oleh Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung hingga saat ini di dua provinsi tersebut. 

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Bakhtiar AS di Palembang, Selasa mengatakan, hingga sekarang ini operasi pasar beras masih terus dilakukan di sejumlah pasar.

Menurut dia, untuk operasi pasar beras total realisasinya yang dilaksanakan di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung sebanyak 6.652 ton.

Ia menyatakan, operasi pasar beras itu dilakukan mulai Oktober 2017 sampai sekarang ini, jadi jumlah tersebut total realisasi pada 2017 dan tahun 2018.

Untuk operasi pasar pada tahun 2018 ini sebanyak 4.890 ton, sedangkan sisanya tahun 2017.

"Operasi pasar beras itu masih dilakukan di pasar-pasar tetap kami jaga," ujarnya.

Operasi pasar beras tersebut yang kencang itu di Bangka Belitung, karena bukan daerah produsen beras.

Sementara lanjutnya, yang masih jalan itu hingga sekarang ini di Lubuklinggau sekitar 20 ton per hari, sedangkan daerah lainnya, sekarang ini sedang panen padi.

Ia menuturkan, kalau pihaknya juga terus melakukan pembelian beras petani di daerah-daerah sentra beras untuk pengadaan pada tahun 2018 ini.

Daerah sentra beras di Sumatera Selatan antara lain, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Timur, Musi Banyuasin dan Banyuasin.