Kota Palembang bangun dermaga wisata kampung Al Munawar

id kampung al munawar,dermaga wisata, dinas pariwisata palembang,destinasi wisata,sungai musi, kadis pariwisata,obyek wisata

Kota Palembang bangun dermaga wisata kampung Al Munawar

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani saat memperkenalkan Kampung Kapitan (ANTARA News Sumsel/Susilawati/i016/18)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pariwisata Kota Palembang akan membangun dermaga wisata di Kampung Al Munawar sehingga wisatawan bisa berkunjung ke kawasan destinasi wisata sejarah itu melalui jalur Sungai Musi.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani di Palembang, Jumat, mengatakan dermaga wisata di Kampung Al Munawar itu akan dibangun tahun 2018 ini sehingga kapal bisa sandar di sana.

Menurut dia, selama ini wisatawan yang naik kapal Kembang Dadar dan Sigentar Alam hanya berkunjung ke Pulau Kemaro, tidak ada pilihan objek wisata yang lain.

"Jika dermaga wisata itu sudah dibangun maka wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kemaro bisa mampir juga ke Kampung Al Munawar," katanya.

Ia menyatakan, dermaga wisata Kampung Al Munawar itu akan dibangun dengan anggaran yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) kementerian.

"Secepatnya dermaga wisata Kampung Al Munawar itu akan dibangun, sekarang masih menunggu anggarannya sekitar Rp1 miliar lebih," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk anggaran pariwisata Kota Palembang sendiri pada tahun 2018 sekitar Rp7 miliar lebih atau lebih besar sedikit dari tahun sebelumnya.

Karena itu, untuk menata pariwisata di Kota Palembang pihaknya juga mengharapkan bantuan dari dana tanggung jawab sosial perusahaan atau "corporate social responsibility" (CSR).

Ia mengakui, sekarang ini sudah ada perusahaan yang membantu antara lain PTBA membantu Tugu Belido, kemudian PDAM, Bank SumselBabel, PT Semen Baturaja dan perusahaan lainnya.

"Kami juga mengharapkan bantuan dari perusahaan lainnya seperti dari Pertamina dan PT Pusri," katanya.

Sejumlah objek wisata di Kota Palembang saat ini semakin diminati wisatawan, antara lain Plaza Benteng Kuto Besak, Kampung Al Munawar, Kampung Kapitan, Bukit Siguntang dan Pulau Kemaro.