Sumsel akan menuntaskan tes event juli 2018

id tes even, asian games, test event, voli, voli pantai,kadispora,Inasgoc

Akhmad Yusuf Wibowo (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/I016/18)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Panitia penyelenggara Asian Games XVIII di Provinsi Sumatera Selatan akan menuntaskan ajang tes event pada Juli 2018 karena setelah itu akan lebih fokus pada persiapan akhir mengingat ajang ini akan digelar pada Agustus.

Ketua Deputi I Bidang Kompetisi Panitia Daerah Asian Games Akhmad Yusuf Wibowo di Palembang, Kamis, mengatakan, mulai April akan diselenggarakan ajang tes event secara berkesimbungan hingga Juli 2018.

"Mengenai kepastian jadwalnya, kami masih menunggu dari Pengurus Besar masing-masing cabang olahraga. Saat ini yang belum tes event seperti boling, panjat tebing, menambak, sepatu roda," kata dia.

Khusus untuk cabang olahraga boling, menurut Yusuf akan digelar dalam waktu dekat mengingat juga akan dilakukan peresmian arenanya.

Pada prinsipnya, ia melanjutkan, seluruh arena olahraga di Jakabaring Sport City sudah selesai tahap pembangunan dan perenovasiannya sehingga jika digelar ajang tes event menjadi tidak masalah.

"Jika pun ada perbaikan, itu hanya penyempuraan saja, seperti taman, ruang-ruang VIP dan fasilitas pendukung lainnya," kata dia.

Ia mengatakan penyelenggaraan tes event ini tak lepas dari keinginan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) menyelenggarakan pertandingan sesuai dengan standarisasi pertandingan level Asian Games.

Meski, sejumlah kalangan tidak menyangkal bahwa Sumsel telah berpengalaman sebagai tuan rumah SEA Games XXV, namun ajang Asian Games ini sungguh berbeda karena sangat berkelas dan berstandar tinggi.

"Jadi ajang tes event ini sangat penting, bukan saja memberikan pengalaman tapi juga bahan evaluasi," ujar dia.

Asian Games XVIII tahun 2018 akan digelar di dua tempat yakni Jakarta dan Palembang. Khusus di Palembang, akan dipertandingkan cabang olahraga yakni sepak bola, basket, tenis/soft-tenis, voli, kano/kayak, dayung, menembak, triathlon, sepak takraw, panjat tebing dan boling.

Sejauh ini Sumsel sudah telah menjalankan beberapa tes event thriathlon, tenis lapangan, voli pantai, sepak takraw, dayung dan sepak bola wanita.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar