Dinkes terapkan program 1000 hari kehidupan bayi

id bayi,berita palembang,berita sumsel,program 1000 hari,bayi baru lahir,berita antara,Fery Fahrizal

Dinkes terapkan program 1000 hari kehidupan bayi

Ilustrasi- Bayi (Pixabay)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan terus menerapkan program pemantauan 1000 hari perkembangan bayi di daerah tersebut.

"Hal ini karena masa tersebut bayi masih perlu selalu diawasi. Begitu juga asupan gizinya harus mencukupi supaya anak tumbuh kembang dengan baik," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sumsel Fery Fahrizal di Palembang, Senin.

Dia mengatakan, dalam pemantauan kondisi anak tersebut pihaknya mengoptimalkan posyandu, karena posyandu salah satu tempat pemantauan perkembangan tumbuh anak apakah dalam kondisi sehat.

Selain itu, karena anak tumbuh sehat akan menambah angka harapan hidup.

Oleh karena itu faktor kesehatan sudah menjadi program utama Pemerintah Provinsi Sumsel sehingga dinas kesehatan sangat penting.

Sebelumnya Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih mengatakan, angka harapan hidup banyak faktor mempengaruhinya dan itu harus menjadi perhatian utama.

"Faktor pendukung untuk meningkatkan angka harapan hidup antara lain gizi yang cukup dan pelayanan kesehatan yang baik, Alhamdulillah angka yg harapan hidup Sumsel terus meningkat sehingga itu harus selalu dijaga dan ditingkatkan," katanya.

Berdasarkan data angka harapan hidup pada 2015 tecatat 69,14 dan meningkat menjadi 69,16 pada 2016.

Sementara jumlah kematian ibu pada 2015 sebanyak 166 dan menurun menjadi 142 pada 2016.
(T.U005/S025)