Alex bertekad Sumsel bebas kebakaran hutan

id Alex Noerdin,berita palembang,berita sumsel,antisipasi kebakaran hutan,posko kebakaran hutan,kahutla,sumsel bebas kebakaran hutan,Asian Games,tuan rum

Alex  bertekad Sumsel bebas kebakaran hutan

Gubernur Sumsel Alex Noerdin. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/17)

....Kami telah bertekad tahun ini jangan sampai terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan di Sumsel seperti pada 2015....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bertekad daerahnya bebas kebakaran hutan dan lahan, serta kabut asap pada 2018 ini, karena Sumsel dan DKI Jakarta menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games XVIII yang dijadwalkan pada Agustus 2018.

"Kami telah bertekad tahun ini jangan sampai terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan di Sumsel seperti pada 2015, karena pada penyelenggaraan Asian Games ribuan tamu asing akan datang ke sini," kata Alex Noerdin di Palembang, Rabu, setelah menghadiri rapat koordinasi nasional pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Jakarta, Selasa (6/2).

Menurut dia, Pemprov Sumsel bersama instansi terkait di wilayah tersebut berkomitmen penuh terhadap pencegahan melalui pembentukan Satuan Tugas (Satgas) sejak tahun 2015.

Apalagi kebakaran hutan dan lahan pada 2015 menjadi pengalaman penting bagi Sumsel karena ribuan hektare lahan terbakar.

Namun, lanjut gubernur, beruntung pada 2016 dan 2017 kebakaran hutan dan lahan di Sumsel menurun drastis berkat komitmen bersama melalui Satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Bahkan Satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan Sumsel telah dinyatakan sebagai tim terbaik di Indonesia," ujar dia.

Jadi pencegahan kebakaran hutan dan lahan 2018 ini, kata dia, menjadi tantangan yang cukup berat karena ada dua agenda besar di Sumsel yakni Pilkada serentak dan Asian Games.

Sehubungan dengan itu pihaknya berkomitmen tidak boleh ada kebakaran hutan dan lahan di Sumsel, ujar dia.

Komitmen tersebut harus didukung bersama supaya Sumsel tidak ada kabut asap seperti pada 2015, kata dia.

Dalam rapat koordinasi nasional yang dipimpin Presiden Joko Widodo itu memang dibahas antara lain upaya pencegahan yang disiapkan.

Bahkan Presiden akan menindak tegas pimpinan di daerah yang terjadi kebakaran hutan dan lahan.
(T.U005/I016)