Kemenag Sumsel ajak santri saksikan gerhana

id gerhana bulan,berita palembang,berita sumsel,Kemenag Sumsel,Madrasah Aliyah 3,Alfajri Zabidi,teropong hilal,ibadah shalat sunah

Kemenag Sumsel  ajak santri  saksikan gerhana

Santri MAN 3 juga melihat gerhana bulan melalui teropong hilal milik Kanwil Kemenag Sumsel. (ANTARA Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) -  Kementerian Agama Kantor Wilayah Sumatera Selatan mengajak santri Madrasah Aliyah 3 Palembang untuk menyaksikan gerhana bulan total di perguruan tersebut, Rabu malam.  

"Kami mengajak generasi muda ini  untuk menyaksikan sebuah sejarah memiliki makna yang diajarkan oleh Rasulullah, " ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumsel Alfajri Zabidi di sela kegiatan tersebut, Rabu.

Kegiatan pemantauan gerhana dengan peralatan lengkap teropong mutakhir dan shalat gerhana berjamaah tersebut dilakukan bersama para santri.  Mereka juga diberi kesempatan untuk melihat melalui teropong hilal milik Kanwil Kemenag Sumsel.

"Dengan kegiatan seperti  ini perlu menanamkan nilai ibadah pada anak kita,  apalagi dengan umur kita yang terbatas momen seperti ini belum tentu bisa dirasakan lagi,"  ungkapnya.

Meskipun  melaksanakan ibadah dan pantauan di gedung masjid yang masih dalam kondisi belum selesai dibangun namun para siswa,  guru dan tim kemenag dapat melaksanakan ibadah shalat sunah dengan baik.

Menurut Alfajri kegiatan ini tidak hanya diadakan di MAN 3 tetapi juga diimbau di seluruh madrasah yang ada di Sumatera Selatan.

Madrasah di 17 kabupaten dan kota turut merasakan ibadah di sela fenomena astronomi yang langka tersebut.

"wajib kita bersyukur punya kesempatan menyaksikan sekaligus beribadah, "ujarnya.

(Feny Selly/I016/Indra Gultom)

Follow kami di instagram