20 dokter cek kesehatan calon kepala daerah

id dokter,tes kesehatan calon kepala daerah,dokter kesehatan,berita palembang,berita sumsel,rumah sakit Mohammad Hoesin,rsmh

Tes Kesehatan Peserta Pilkada Sumsel . (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (Antaranews Sumsel) - Sebanyak 20 orang dokter disiapkan untuk memeriksa kesehatan bakal calon kepala daerah di rumah sakit Mohammad Hoesin Palembang.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Sumatera Selatan, Rizal Sanif di Palembang, Kamis mengatakan sebanyak 20 orang dokter itu sesuai dengan spesialis.

Menurut dia, ada spesialis syaraf, mata, penyakit dalam, jantung, bedah, kemudian telinga hidung tenggorokan (THT), kebidanan dan lainnya, jadi semuanya lengkap.

Ia menjelaskan, seperti yang disampaikan KPU, kalau hasil ini adalah final dan tidak ada lagi pembanding.

Kalau tidak memenuhi syarat itu yang pertama narkoba yang dikeluarkan Badan Narkotika Nasional, kemudian psikologi yang dikeluarkan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) dan medis dari tim dokter.

Dari ketiga itu mungkin saja salah satu dia dinyatakan tidak memenuhi syarat bisa medis, BNN dan psikologi, ujarnya.

Ketua KPU Sumatera Selatan, Aspahani menyatakan hasil pemeriksaan standar KPU bersifat final dan mengikat.

Jadi, dalam artian hasil inilah yang diterima oleh KPU sebagai syarat calon tersebut untuk mengikuti tahapan selanjutnya, tegasnya.

"Pengalaman kita terhadap hasil kesehatan ada yang memperotes dan ternyata setelah didalami itu pihak tim dokter mengetahui apakah memang faktor kejiwaan atau lainnya kami tidak tahu, karena di surat itu hanya tidak memenuhi syarat barangkali yang bersangkutan langsung mengkonfirmasi dengan tim dokter," tuturnya.

Ia menyampaikan, pada hari ini (Kamis, 11/1) sebanyak 39 pasangan calon kepala daerah di Sumatera Selatan mengikuti tes secara serentak bidang psikotes dan terkait narkoba dengan Badan Narkotika Nasional di Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang.

Selanjutnya para calon kepala daerah tersebut akan mengikuti rangkaian tes kesehatan, katanya.
(T.KR-SUS/S027)
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar