And Lau terima gelar doktor HC

id And Lau, Bintang film, gelar doktor, aktor hongkong, artis, pria yang santun, sederhana, ramah

And Lau terima gelar doktor HC

Andy Lau (Ist)

Beijing (ANTARA/China Post) - Bintang film dan penyanyi Andy Lau menerima gelar doktor kehormatan (honoris causa) dari Shue Yan University, Hong Kong, atas pengabdiannya selama lebih dari 30 tahun di bisnis hiburan dan dianggap memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan lembaga sosial.

Saat mendapatkan kesempatan memberikan sambutan atas gelar doktor yang baru diterimanya tersebut, Kamis (14/12), aktor berusia 56 tahun itu hanya berujar, "jangan khawatir, saya tidak harus memberikan sambutan, terima kasih."

Pernyataan sebaris kalimat tersebut disambut tepuk tangan hadirin. Padahal sebelumnya dia tampak meyakinkan dan sesekali tersenyum, demikian laporan South Morning China Post, Jumat.

Lau yang populer di Indonesia karena beberapa film yang dibintanginya, termasuk serial The Return of Condor Heroes, dikenal oleh masyarakat Hong Kong sebagai pria yang santun, sederhana, ramah, dan mudah bergaul sehingga memiliki jutaan penggemar.

Bahkan aktor bernama Mandarin Liu De Hua yang disebut-sebut berhasil merawat anak angkatnya dari Salatiga, Jawa Tengah, hingga dewasa itu itu dijuluki sebagai Kepala Eksekutif tak resmi Hong Kong.

Kepada wartawan seusai penganugerahan, Lau mengatakan, "sangat senang menerima gelar penghormatan seperti ini."
 
"Saya berharap bisa menjadi teladan bagi kawula muda. Jangan pedulikan betapa sulitnya Anda saat mengawali sesuatu, seberapa buruk kondisi Anda, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak melakukan yang terbaik atau berusaha sekuat tenaga menjadi yang terbaik," ujar aktor yang berasal dari Jiangmen, kota kecil di Provinsi Guangdong, China, itu.

Ia juga berharap bisa berbuat lebih banyak dalam pengembangan budaya lokal dan opera Kanton (salah satu dialek Mandarin) pada masa-masa mendatang.

Saat ditanya apakah akan mempertimbangkan kembali ke sekolah untuk melanjutkan studi, Lau menjawab, "tidak ada yang tidak mungkin. Saat saya punya waktu, mungkin akan belajar lagi jika (kampus) masih menerima saya."

Ketika ditanya kenapa istrinya, Carol Chu Lai-sin dan anak perempuannya tidak hadir dalam penganugerahan gelar doktor HC tersebut, Lau berujar, "Saya khawatir mereka mencuri perhatian dari saya." Penerjemah: T.M038